Beranda Pendidikan Yaya Suhendar, Tokoh Literasi Banten Tutup Usia

Yaya Suhendar, Tokoh Literasi Banten Tutup Usia

134
0
Yaya Suhendar (tengah) saat berkunjung ke Rumah Dunia bersama anggota Dewan Perpustakaan menunjukkan salam literasi.

 

SERANG – Yaya Suhendar, salah satu tokoh literasi di Provinsi Banten tutup usia, Minggu (9/6/2019) sekitar pukul 21.45 WIB. Mantan birokrat Pemprov Banten ini wafat pada usia 61 tahun karena sakit.

Yaya Suhendar merupakan salah satu pejabat yang sangat konsens dengan dunia literasi. Di awal pembentukan Provinsi Banten, Yaya merintis pembentukan perpustakaan daerah dengan membuat perpustakaan di lingkungan Setda Provinsi Banten. Hal itu ia lakukan sebelum Pemprov Banten membentuk Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKP) Banten.

Sebagai birokrat Pemprov Banten, Yaya lama menghabiskan masa kerjanya di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Banten. Jabatan terakhirnya adalah sebagai Sekretaris DKP Banten. Setelah pensiun, Yaya tetap aktif di dunia literasi sebagai anggota Dewan Perpustakaan Banten.

“Pak Yaya termasuk tokoh pelopor literasi di kalangan birokrasi Pemprov Banten,” ujar Gol A Gong, pendiri komunitas literasi Rumah Dunia, Senin (10/6/2019).

Gol A Gong mengenang bahwa pada 2008 Rumah Dunia pernah berkolaborasi dengan Yaya Suhendar yang saat itu menjabat sebagai Sekretaris DKP. Pada saat itu Rumah Dunia bersama Pemprov Banten memecahkan rekor MURI dengan mengumpulkan buku sebanyak 21.000 eksemplar dalam satu hari. Buku-buku itu selanjutnya didistribusikan ke berbagai perpusatakaan. “Melihat kiprahnya di dunia baca tulis di Banten, Gubernur Banten seharusnya memberikan award kepada Pak Yaya Suhendar sebagai tokoh literasi,” ujarnya. (ink/red)