Beranda Gaya Hidup Yang Terjadi pada Tubuhmu Saat Panik, Latih Dirimu untuk Tenang

Yang Terjadi pada Tubuhmu Saat Panik, Latih Dirimu untuk Tenang

1169
0
Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Apakah kamu tahu bahwa mental kita begitu berpengaruh terhadap fisik kita? Sebagai contoh, ketika kamu sering khawatir terkena kanker, risiko terkena penyakit tersebut menjadi lebih besar. Sebaliknya, jika terkena penyakit tersebut, bukan tidak mungkin kondisi fisikmu mengubah mentalmu, seperti menjadi paranoidatau memiliki pemikiran yang pesimis.

Dalam kasus menarik, terdapat fenomena yang kita kenal dengan serangan panik. Melihat teori kesinambungan dengan tubuh lahiriah kita, pastinya serangan panik ini akan banyak mempengaruhi tubuh. Memangnya apa yang terjadi dengan tubuh kita ketika terkena hal ini? Inilah beberapa hal yang terjadi.

1. Serangan panik bisa diturunkan oleh keluarga dan terpicu stres





Kamu pasti tidak pernah menyangka bahwa serangan panik adalah sebuah kondisi keturunan. Namun memang begitulah kenyataannya, terlebih jika dipicu stres. Dugaan lain penyebab fenomena ini adalah kelenjar tiroid terlalu banyak mengeluarkan hormon, kurang gula dalam tubuh, terlalu banyak kafein atau meminum obat-obat stimulasi.

2. Dada akan terasa sesak

Serangan panik menciptakan kejutan hormon yang memompa adrenalin. Itu menjadikan jantung berdegup kencang hingga terkadang menyebabkan rasa sakit, bahkan sulit bernapas.

3. Tercekik

Tenggorokanmu tiba-tiba menyempit dan membuatmu tidak bisa menelan. Tidak jarang ini diikuti rasa mual dan ingin muntah, serta sulit bernapas.

4. Adanya rasa teror yang mengancam

Tubuhmu tiba-tiba secara spontan merasakan bahaya yang sangat mengancam. Kamu tidak bisa menggambarkannya secara jelas, tetapi kamu merasa seperti mau mati, walaupun tahu itu tidak mungkin terjadi.

5. Tiba-tiba kepala pusing

Kepalamu secara mendadak menjadi ringan hingga membuat ruangan di sekitarmu terasa berputar. Pingsan bisa terjadi, jika tidak kuat menahan hal ini.

6. Tangan yang berkeringat

Tanda-tanda kecemasan ini bisa jadi merupakan gejala serangan panik dan masalah berkeringat ini bisa jadi tidak hanya di tangan, tetapi juga di area lain. Seperti halnya ketiak dan daerah lipatan lainnya.

7. Gemetar dan terasa kesemutan

Besar kemungkinan tubuhmu akan mulai gemetar. Dengan darah yang naik terus ke kepala dan ke otot, bisa jadi tangan atau kakimu mulai merasakan kesemutan.

8. Waspadai akan serangan jantung

Tanda-tanda serangan panik mirip dengan gejala serangan jantung. Sakit di dada, kesulitan bernapas, pusing, berkeringat, dan hilang kontrol. Perhatikan baik-baik apakah ini sering terjadi. Satu, dua kasus tidak jadi masalah, tapi lebih dari itu kamu perlu ke dokter.

Serangan panik berlangsung sangat cepat. Umumnya puncak serangan ini adalah 10 menit dan setelahnya kamu bisa kembali merasa lebih enak. Tiap orang berbeda-beda untuk masalah waktu sembuh, jadi ini tidak bisa dijadikan acuan.

Mintalah bantuan orang sekitarmu atau kerabatmu untuk masalah ini dan seringlah untuk bersosialisasi. Serangan panik bisa terjadi karena kecemasan akibat kesendirian. Jangan lupa pula berolahraga. (Red)

Sumber : IDN Times