Beranda Teknologi XL Axiata Perkuat Jaringan 4G di Likupang

XL Axiata Perkuat Jaringan 4G di Likupang

Gedung XL Axiata

SERANG –  PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) secara khusus menyiapkan jaringan telekomunikasi dan data 4G guna mendukung pertemuan perdana Women20 Presidensi Indonesia di Likupang, Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Demi event yang berlangsung 14-16 Februari 2022 tersebut, XL Axiata telah menyiapkan jaringan dari sisi kapasitas maupun area cakupan layanan. Sebuah mobile BTS (MBTS) bahkan telah dikerahkan ke lokasi untuk mendukung jaringan yang sudah ada di sana.

Group Head East Region XL Axiata, Dodik Ariyanto mengatakan pertemuan W20 Presidensi Indonesia sebagai bagian dari rangkaian acara G20 ini sangat prestise dan memiliki nilai strategis bagi pemerintah dan Republik Indonesia.

Untuk itu, menjadi kehormatan bagi kami dari XL Axiata untuk ikut mendukung kelancaran dan kesuksesannya. Kami benar-benar akan menjaga kualitas layanan telekomunikasi dan data, baik selama acara ini berlangsung maupun sebelum dan sesudahnya,” ujarnya, Sabtu (12/2/2022).

Dodik menambahkan, selain mengerahkan MBTS 4G, XL Axiata juga menempatkan tim teknik secara khusus selama acara pertemuan berlangsung. Tim ini akan terus memastikan kebutuhan atas layanan telekomunikasi dan data bisa terjaga selama dibutuhkan oleh para peserta pertemuan dan para pemangku kepentingan yang terkait dengan penyelenggaraan acara tersebut.

Pada pertemuan W20 Presidensi Indonesia di Likupang tersebut, acara akan digelar secara hybrid, yang akan dihadiri sekitar 150 orang peserta termasuk perwakilan dari para negara anggota G20. Mereka berasal dari Amerika Serikat, Argentina, Brasil, Australia, Kanada, Meksiko, Turki, Indonesia, Korea Selatan, Jepang, China, Jerman, Inggris, India, Arab Saudi, Afrika Selatan, Italia, Indonesia, Prancis, Rusia, ditambah Uni Eropa.

Di kawasan seputaran Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang, jaringan XL Axiata didukung oleh 5 BTS 4G. Sementara itu di seluruh Kabupaten Minahasa Utara, tersedia total 44 BTS 4G, yang menjangkau 10 desa/kelurahan. XL Axiata akan terus meningkatkan kualitas jaringan di Likupang dan sekitarnya seiring dengan pembangunan kawasan tersebut setelah mendapat penetapan dari pemerintah sebagai Destinasi Wisata Super Prioritas.

Bila dibandingkan dengan periode Januari 2021, telah terjadi peningkatan trafik yang cukup signifikan pada periode Januari 2022 di seluruh area Sulawesi Utara. Pada layanan data, terjadi peningkatan trafik sebesar 82%. Peningkatan trafik sebesar 30% terjadi pula pada layanan voice.

Sejumlah upaya antisipasi terhadap semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat atas layanan data dan voice tersebut telah dilakukan. Secara bertahap, XL Axiata telah menambah kapasitas pada jaringan backbone dan local internet breakout.

Hingga saat ini, di Sulawesi Utara secara keseluruhan, layanan XL Axiata telah menjangkau total 776 desa, 97 kecamatan, yang berada di 11 kota/kabupaten. Jaringan yang menopangnya didukung oleh total 351 BTS, dengan sebanyak 350 unit di antaranya adalah BTS 4G. XL Axiata terus melakukan perluasan ke area-area yang belum terjangkau dengan sekitar 161 BTS 4G pada 3 tahun terakhir.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini