Beranda Bisnis XL Axiata Dukung Digitalisasi Informasi Kementerian Kesehatan

XL Axiata Dukung Digitalisasi Informasi Kementerian Kesehatan

515
0
Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih (kanan) bersama dengan Sekjen Kemenkes, drg. Oscar Primadi, MPH (kiri) dalam acara penandatanganan kerjasama dengan Kementerian Kesehatan ( Kemenkes ) untuk mendukung digitalisasi informasi kesehatan Kementerian Kesehatan

SERANG – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus melanjutkan program mendukung digitalisasi sistem informasi di berbagai instansi pemerintah. Demi meningkatkan efektivitas dan efisiensi aktivitas penyampaian edukasi dan sosialisasi mengenai berbagai program pemerintah kepada masyarakat luas, XL Axiata mendukung upaya pemanfaatan sarana berbasis teknologi digital.

Saat ini XL Axiata menjalin kerjasama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes) dalam mendigitalisasi informasi kesehatan, termasuk di dalamnya guna mendukung kampanye “Peningkatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat”.Penandatanganan kerjasama ini berlangsung di Jakarta, Rabu (27/11/2018), oleh Sekjen Kemenkes, drg. Oscar Primadi, MPH dan Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih.

Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih mengatakan pihaknya berkomitmenuntuk terus mendukung pemerintah, melalui sejumlah kementerian, dalam penerapan sarana digital untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi penyampaian informasi kepada masyarakat luas.

“Kami memiliki teknologi dan kompetensi untuk hal itu, pemerintah memiliki program-program yang perlu segera disampaikan melalui edukasi dan sosialisasinya. Kami melihat Kemenkes memiliki banyak program yang perlu segera disampaikan kepada masyarakat luas, Untuk itu digitalisasi sistem informasi menjadi satu jawaban, mengingat perilaku masyarakat dalam mengakses informasi juga semakin terdigitalisasi,” ujarnya.

Menurut Tri Wahyuningsih, isu kesehatan mengenai apapun cukup krusial untuk segera diketahui oleh masyarakat luas. Di sisi lain, secara demografi, masyarakat juga mengalami pergeseran, di mana masyarakat usia produktif kini semakin banyak diisi oleh mereka yang tergolong sebagai generasi digital, yaitu mereka yang lebih banyak mengakses informasi dengan menggunakan sarana digital, seperti media sosial, media online, dan portal-portal informasi melalui internet lainnya. Hal ini tidak hanya terjadi di perkotaan, namun juga di pelosok-pelosok daerah seiring dengan semakin meluas dan meningkatnyaketersediaan serta kualitas jaringan layanan data.

Untuk memenuhi harapan kedua pihak, XL Axiata akan melaksanakan sejumlah program dukungan, yaitu penyebaran informasi kesehatan terkait Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat melalui digital channels yang dimiliki oleh XL Axiata, serta edukasi informasi kesehatan terkait program tersebut kepada masyarakat secara offline (langsung) melalui program-program tanggung jawab sosial perusahaan yang dijalankan oleh XL Axiata. Termasuk dalam hal ini adalah digitalisasi informasi ke dalam platform aplikasi digital.

Selain itu, XL Axiata juga akan mendukung program rutin tahunan berupa penyampaian informasi kesehatan yang relevan dengan momen puasa Ramadan, Hari Raya Idul Fitri, termasuk terkait dengan aktivitas musiman pulang kampung atau mudik. Informasi terkait mudik ini juga mencakup lokasi keberadaan posko-posko mudik yang diselenggarakan oleh Kemenkes dan instansi pemerintah bidang kesehatan lainnya di sepanjang jalur mudik.

Untuk edukasi dan sosialisasi Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, XL Axiata akan mengadopsikannya dalam modul pembelajaran Program Sisternet. Melalui Sisternet ini XL Axiata secara berkesinambungan membina kalangan perempuan dari berbagai komunitas, baik di perkotaan maupun pedesaan, hingga pelosok daerah, dalam memanfaatkan sarana digital demi meningkatkan produktivitas dan kualitas hidup. Sisternet memiliki dua modul pembelajaran, yaitu secara digital melalui channel www.sisternet.co.iddan secara tatap muka melalui Kelas Kesehatan. XL Axiata akan memanfaatkan kedua saluran tersebut guna sosialisasi Program Gerakan Masyarakat Sehat. (Red)