Beranda Bisnis XL Axiata Dorong Pelajar Jadi Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan

XL Axiata Dorong Pelajar Jadi Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan

Pemilihan pelajar pelopor keselamatan lalu lintas. (Foto ist)

SERANG– PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) dan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia melanjutkan kerjasama sosialisasi keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan di kalangan pelajar. Dengan kerjasama ini, kedua pihak mendorong para pelajar sebagai pelopor keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan di lingkungan sekolah, dan di tengah masyarakat melalui suatu pelatihan dan pendidikan Pelajar Pelopor Keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan yang digelar pada 7 – 11 Oktober 2019 di Jakarta.

Direktur Sarana Transportasi Jalan Direktorat Jendral Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Sigit Irfansyah membuka program pelatihan yang di dalamnya antara lain memanfaatkan sarana digital berupa materi bahan belajar yang dibangun oleh XL Axiata.

Group Head Corporate Communications XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan, kegiatan ini merupakan implementasi dari kerjasama kedua instansi yang sudah berjalan, yang meliputi pelaksanaan sosialisasi dan edukasi dengan memanfaatkan teknologi digital. Karena itulah, XL Axiata melalui program Sisternet akan memberikan materi pelatihan kelas literasi digital bagi para pelajar. Materi yang akan disampaikan  antara lain cara-cara memanfaatkan media digital khususnya sosial media dalam mensosialisasikan kesadaran berkendara. Materi yang diangkat dalam pelatihan ini mengusung tema “The Power of Social Media”.

Para pelajar akan dilatih antara lain tentang bagaimana memilih sosial media yang paling mempresentasikan dirinya, rumus dasar konten sosial media, gaya penulisan, penggunaan hashtag, membuat konten yang menarik, juga bagaimana menciptakan citra sebagai Duta Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di sosial media.

“Sesuai kerja sama kedua pihak yang telah terjalin dengan sangat baik hingga saat ini, XL Axiata berkomitmen mendukung program sosialisasikan keselamatan berkendara secara berkesinambungan yang dicanangkan oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Kami sangat antusias bisa turut ambil bagian dalam menyelenggarakan pelatihan dengan sasaran peserta para pelajar ini, karena dengan prilaku pemanfaatan lalu lintas dan angkutan jalan yang baik memang seharusnya sudah ditanamkan kepada anak-anak sejak belia. Edukasi pemanfaatan sarana digital merupakan cara tepat guna untuk menyebarkan pesan-pesan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan, dan ini sangat relevan mengingat karakter anak-anak muda saat ini yang tak bisa terlepas dari sarana digital,” ujarnya melalui siaran pers yang diterima BantenNews.co.id, Kamis (10/10/2019).

Tri Wahyuningsih menambahkan dalam tahun ini tema yang diambil “Leadership for Road Safety”. Proses seleksi peserta dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat kabupaten/kota hingga provinsi dan nasional, yang diikuti oleh perwakilan sekolah menengah umum. Peserta yang mengikuti kegiatan ini ada sebanyak 73 orang yang merupakan perwakilan dari 25 provinsi. Para pelajar ini merupakan pelajar berprestasi yang telah diseleksi dan dibimbing langsung oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang kelak akan didaulat sebagai “Duta Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan” di Propinsi masing-masing.

“Kegiatan Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Tingkat Nasional Tahun 2019 adalah program Direktorat Jenderal Perhubungan Darat sebagai proses penanaman budaya tertib berlalu lintas dalam upaya meningkatkan keselamatan transportasi jalan. Kegiatan ini memiliki beberapa tujuan spesifik, yaitu guna meningkatkan kesadaran pelajar dalam mematuhi peraturan lalulintas dan mengurangi resiko akibat kesalahan berperilaku tidak tertib di jalan,” ujarnya.

Selain itu juga untuk memberikan reward atas prestasi tertib berlalu lintas dan kepedulian yang tinggi terhadap upaya menjaga keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan, serta membangun kesadaran generasi muda untuk berperilaku tertib berlalulintas.

Selanjutnya, juga untuk membangun budaya tertib berlalu lintas dan memanfaatkan angkutan jalan sejak dini atas dasar kesadaran pribadi dan tanggung jawab moral untuk meningkatkan keselamatan, menyebarluaskan informasi ke kalangan generasi muda melalui lingkungan sekitarnya, juga menyelamatkan generasi muda sebagai asset bangsa.
Kerjasama kemitraan antara Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat dengan XL Axiata akan mencakup penyediaan sarana layanan digital dalam Aksi Keselamatan Transportasi Darat. (Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini