Beranda Bisnis XL Axiata dan Kemenhub Dorong Pelajar Jadi Pelopor Keselamatan Berkendara

XL Axiata dan Kemenhub Dorong Pelajar Jadi Pelopor Keselamatan Berkendara

Foto istimewa

SERANG – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) dan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia menjalin kerja sama dalam melakukan sosialisasi keselamatan berkendara di kalangan pelajar. Kerja sama ini terutama bertujuan mendorong para pelajar untuk menjadi pelopor keselamatan berkendara di kalangan remaja dan anak-anak muda.

Untuk itu akan diselenggarakan pelatihan dan pendidikan, di antaranya mengenai pemanfaatan sarana digital, yang digelar selama 5 hari, 8 – 12 Oktober 2018 di Jakarta. Direktur Jenderal Perhubungan Darat  Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi yang membuka kegiatan ini.

Group Head Corporate Communications XL Axiata, Tri Wahyuningsih mengatakan sesuai kerja sama kedua pihak yang telah terjalin dengan sangat baik hingga saat ini, XL Axiata berkomitmen mendukung program sosialisasi keselamatan berkendara secara berkesinambungan yang dicanangkan oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

“Kami sangat antusias untuk menyelenggarakan pelatihan dengan sasaran peserta para pelajar ini, karena perilaku berkendara yang baik memang seharusnya sudah ditanamkan kepada anak-anak sejak belia. Edukasi pemanfaatan sarana digital merupakan cara tepat guna untuk menyebarkan pesan-pesan keselamatan berkendara, dan ini sangat relevan mengingat karakter anak-anak muda saat ini yang tak bisa terlepas dari sarana digital,” ujarnya, Rabu (10/10/2018).

Tri Wahyuningsih memaparkan, kegiatan ini merupakan implementasi dari kerja sama kedua instansi yang sudah berjalan, yang meliputi pelaksanaan sosialisasi dan edukasi dengan memanfaatkan teknologi digital. Karena itulah, XL Axiata melalui program Sisternet akan memberikan materi pelatihan kelas literasi digital bagi para pelajar.

Materi yang akan disampaikan berupa cara-cara memanfaatkan media digital khususnya sosial media dalam mensosialisasikan kesadaran berkendara. Materi yang diangkat dalam pelatihan ini mengusung tema “The Power of Social Media”. Para pelajar akan dilatih antara lain tentang bagaimana memilih sosial media yang paling mempresentasikan dirinya, rumus dasar konten sosial media, gaya penulisan, penggunaan hashtag, membuat konten yang menarik, juga bagaimana menciptakan citra sebagai Duta Keselamatan Berkendara di sosial media.

Dalam tahun ini tema yang diambil “Save Lives #slowdown (sayangi nyawa kurangi kecepatan)”. Proses seleksi peserta dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat kabupaten/ kota hingga provinsi dan nasional, yang diikuti oleh perwakilan sekolah menengah umum. Peserta yang mengikuti kegiatan ini ada sebanyak 71 orang yang merupakan perwakilan dari 27 provinsi. Para pelajar ini merupakan pelajar berprestasi yang telah diseleksi dan dibimbing langsung oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang kelak akan didaulat sebagai “Duta Keselamatan Berkendara” di Propinsi masing-masing.

Kegiatan Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Tingkat Nasional Tahun 2018 adalah program Direktorat Jenderal Perhubungan Darat sebagai proses penanaman budaya tertib berlalu lintas dalam upaya meningkatkan keselamatan transportasi jalan. Kegiatan ini memiliki beberapa tujuan spesifik, yaitu guna meningkatkan kesadaran pelajar dalam mematuhi peraturan lalulintas dan mengurangi risiko akibat kesalahan berperilaku tidak tertib di jalan.

Selain itu juga untuk memberikan reward atas prestasi tertib berlalulintas dan kepedulian yang tinggi terhadap upaya menjaga keselamatan di jalan, serta membangun kesadaran generasi muda untuk berperilaku tertib berlalulintas. Selanjutnya, juga untuk membangun budaya tertib berlalulintas sejak dini atas dasar kesadaran pribadi dan tanggung jawab moral untuk meningkatkan keselamatan, menyebarluaskan informasi ke kalangan generasi muda melalui lingkungan sekitarnya, juga menyelamatkan generasi muda sebagai aset bangsa.

Kerja sama kemitraan antara Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat dengan XL Axiata akan mencakup penyediaan sarana layanan digital dalam Aksi Keselamatan Transportasi Darat. Dukungan ini akan meliputi penyediaan layanan digital melalui website www.sisternet.co.id di mana di dalamnya akan ada modul e-Learn terkait informasi keselamatan berkendara. Selain itu materi sosialisasi dan edukasi keselamatan berkendara dan berlalu-lintas juga akan dituangkan dalam bentuk artikel, kompetisi, juga kuis, baik di website maupun media sosial Sisternet. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini