Beranda Pemerintahan Wujudkan Kota Sehat, Pemkot Cilegon Jalani Verifikasi Lapangan

Wujudkan Kota Sehat, Pemkot Cilegon Jalani Verifikasi Lapangan

Tim Verifikasi Lapangan Penilaian Kota Sehat dari Tim pusat yang didampingi oleh Tim Pembina tingkat Provinsi Banten berkunjung ke Kota Cilegon

CILEGON – Tim Verifikasi Lapangan Penilaian Kota Sehat dari Tim pusat yang didampingi oleh Tim Pembina tingkat Provinsi Banten berkunjung ke Kota Cilegon dan diterima langsung oleh Wakil Walikota Cilegon, Ratu Ati Marliati serta anggota Forum Kota Sehat Kota Cilegon (FKS-C) di Ruang Rapat Walikota Cilegon,  Kamis (12/9/2019).

Wakil Walikota Cilegon, Ratu Ati Marliati mengatakan, program kota sehat bukan hanya milik sektor kesehatan saja, namun milik semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Program Kota Sehat dilakukan melalui pendekatan peran aktif masyarakat serta lebih ditekankan pada proses dari pada output, hal ini yang membedakan program Kota sehat dengan program-program lainnya,” ujarnya.

Ati juga mengungkapkan bahwa pihaknya telah menyelenggarakan indikator kota sehat di setiap Kecamatan di Kota Cilegon.

“Perlu kami sampaikan bahwa implenmentasi indikator penyelenggaraan kota sehat sudah kami selenggarakan di 8 Kecamatan dan Kelurahan yang ada di kota cilegon, dan kami juga mengalokasikan dana di DPW-kel yang sudah ada dari tahun 2017, dana ini digunakan untuk infrastruktur dan khususnya juga untuk kepentingan Kelurahan Kota sehat,” ungkapnya.

Selain itu juga Ati juga  menjelaskan bahwa selama ini Kota Cilegon telah meraih pengharghaan Kota sehat dari Kementerian Kesehatan RI.

“Merupakan suatu kebahagiaan dan kebanggaan bagi pemerintah dan masyarakat Kota Cilegon karena alhamdulillah Cilegon telah meraih penghargaan Kota sehat dari kementerian Kesehatan yaitu Swasti Saba Padapa (2013), Swasti Saba Wiwerda (2015), serta Swasti saba Wistara (2017), penghargaan ini menjadikan pengalaman dan motivasi kita bersama dalam mewujudkan Kota Cilegon yang sehat, bersih dan nyaman,” terangnya.

Sementara itu, perwakilan dari Tim pusat verifikasi penilaian Kota sehat Hardianto menjelaskan timnya akan survei ke lapangan selama 2 hari dan tujuan dari penyelenggaraan Kota sehat ini yaitu untuk tercapainya kondosi Kota yang bersih aman, nyaman dan sehat.

“Perlu kami sampaikan proses penyelenggaraan Kota sehat ini diikuti oleh 202 Kabupaten/Kota dari 29 Provinsi, dan dari proses ini alhamdulillah telah mengalami peningkatan yang signifikan dari tahun 2017 yang diikuti oleh 173 Kabupaten/Kota dari 26 Provinsi. Kegiatan yang kami laksanakan dua tahun sekali ini bukan untuk memilih siapa yang menang dan juga juara, namun untuk melihat kinerja pemerintah bersama masyarakat dalam melaksanakan pembangunan dan pendekatan menuju Kota sehat,” ungkapnya.

(Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini