Beranda Peristiwa Wujudkan Ketahanan Pangan, Kapolri dan Panglima TNI Panen Hasil Tambak di Tangerang

Wujudkan Ketahanan Pangan, Kapolri dan Panglima TNI Panen Hasil Tambak di Tangerang

Kapolri Jendral Pol Idham Azis dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto berkunjung ke tempat wisata Aquaculture Mangrove Desa Ketapang, Kecamatan Mauk Kabupaten Tangerang, Kamis (9/7/2020) - (Foto Rendy/BantenNews.co.id)

KAB. TANGERANG – Kapolri Jendral Pol Idham Azis dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto berkunjung ke tempat wisata Aquaculture Mangrove Desa Ketapang, Kecamatan Mauk Kabupaten Tangerang, Kamis (9/7/2020)

Kunjungan tersebut terjadwal dalam rangka memanen hasil tambak dan penanaman bibit mangrove. Selain itu, tindak lanjut arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk meningkatkan sinergitas TNI-Polri sebagai penggerak dan pembantu ekonomi masyarakat di masa pandemi Covid-19 bertajuk Masyarakat Produktif Wujudkan Ketahanan Pangan.

Dalam acara tersebut, Jenderal Pol Idham Aziz dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto juga melakukan pertemuan virtual dengan 34 Kepolisian Daerah dan Tentara Nasional Indonesia di seluruh Indonesia agar program ini bisa terlaksana dengan baik.

Empat kepolisian daerah sebagai perintis program juga memaparkan kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional dengan karakteristik masing-masing wilayahnya. Di Majalengka, Polda Jawa Barat melaksanakan panen delapan hektar tanaman padu dan tebar benih satu ton ikan jenis nila, mas, dan lele.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat membantu dan meningkatkan perekonomian serta mendukung ketahanan pangan nasional. Inilah bentuk kehadiran Polri di tengah masyarakat untuk mewujudkan lembaga kepolisian profesional, modern, dan terpercaya,” ujar Kapolri Jendral Pol Idham Azis kepada wartawan.

Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz menyebut tengah meluncurkan program Kampung Tangguh Nusantara secara virtual. Hingga kini, kata Idham, Polri telah membentuk 7.024 Kampung Tangguh Nusantara dan jumlah itu akan terus bertambah sesuai instruksi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo sebagai langkah pencegahan penularan Covid-19 di Indonesia.

“Program ini merupakan upaya Bhabinkamtibmas berbasis lingkungan RT/RW membantu pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19,”

“Masyarakat secara langsung dilibatkan untuk menjaga kampungnya dari penularan wabah ini. Sebuah kampung dapat disebut tangguh jika mempunyai syarat penerapan protokol kesehatan, keamanan, dan sosial ekonomi secara ketat dalam kehidupan ‘New Normal’ yang ditetapkan pemerintah,” tutur Idham Azis.

Untuk diketahui, Aquaculture Mangrove merupakan wisata yang dibangun Pemerintah Kabupaten Tangerang di Desa Ketapang. Tempat tersebut telah menjadi desa wisata dan pusat pendidikan mangrove dalam mengembangkan potensi desa

(Ren/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini