Beranda Gaya Hidup Olahraga Bisa Bikin 10 Tahun Lebih Muda dari Usia Sebenarnya Loh

Olahraga Bisa Bikin 10 Tahun Lebih Muda dari Usia Sebenarnya Loh

106
0
Ilustrasi - foto istimewa HAI Online

Olahraga memang membawa manfaat kesehatan untuk tubuh. Namun, studi jangka panjang yang dilakukan oleh para ilmuwan olahraga di Institut Teknologi Karlsruhe (KIT) telah menemukan bahwa orang-orang yang memiliki gaya hidup aktif, tampak sekitar 10 tahun lebih muda dalam hal keterampilan motorik.

Dilansir dari viva.co.id, studi yang dilakukan di Jerman itu dimulai pada tahun 1992 dan memasukkan 500 sukarelawan antara usia 35 tahun dan 80 tahun. Para peserta secara teratur menjalani serangkaian pemeriksaan medis (mengukur tinggi badan, berat badan, komposisi tubuh, EKG dan fungsi paru-paru).

Selain itu, mereka harus melakukan tes kebugaran dan tes keterampilan motorik, termasuk sit-up, berdiri satu kaki dan push-up.

Hasilnya, orang-orang di usia lanjut yang berolahraga secara teratur, terlihat sekitar 10 tahun lebih muda dalam hal keterampilan motorik daripada mereka yang menjalani gaya hidup tidak aktif. Orang yang aktif juga cenderung memiliki lebih sedikit keluhan fisik dengan usia lanjut.

Bahkan, mereka yang melakukan kurang dari 2,5 jam aktivitas fisik moderat per minggu, seperti yang direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), empat kali lebih mungkin untuk menderita diabetes Tipe 2.

Maka itu dapat dikatakan bahwa kebugaran dan keterampilan motorik menurun seiring bertambahnya usia. Namun, olahraga dapat memperlambat proses ini secara signifikan. Lebih banyak latihan juga berarti lebih banyak kualitas hidup di usia tua. (Red)