Beranda Peristiwa Wirausaha Muda Didorong Masuk Pasar Global dengan IT

Wirausaha Muda Didorong Masuk Pasar Global dengan IT

Jazuli Juwaini. (Foto : istimewa)

 

CILEGON – Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini menjadi narasumber utama dalam Seminar Nasional “Memaksimalkan Peluang Entrepreneurship di Era Teknologi Informasi” yang diselenggarakan oleh Badan Aksesabilitas Komunikasi dan Informasi (BAKTI) Kemen Kominfo di Hotel Grand Mangkuputera Cilegon, Sabtu (13/10/2018). Narasumber lainnya adalah Yulis Widya Marfiah, Kepala Divisi Layanan TI Untuk Badan Usaha BAKTI dan Anis Fuad, Lektor e-government Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Acara yang dihadiri ratusan peserta yang rata-rata adalah kawula muda Banten ini berlangsung antusias dan dialogis. Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini mengajak generasi muda untuk aktif berwirausaha dengan memanfaatkan keunggulan dan kemajuan tekonologi informasi.

“Dunia berkembang begitu cepat yang didorong oleh kemajuan teknologi informasi. Siapa yang sukses di era ini adalah yang mampu menguasai IT dan memanfaatkannya secara kreatif dan inovatif untuk menghasilkan produktivitas,” katanya.

Untuk itu Anggota DPR Dapil Banten ini mendorong agar generasi muda tidak ragu untuk terjun menjadi wirausahawan. Bahkan tak tanggung-tanggung, menurut Jazuli, dengan kemudahan yang disediakan teknologi informasi wirausaha muda bisa punya kesempatan masuk pasar global.

“Ayo anak muda jadi pengusaha, jangan puas atau bahkan menggantungkan mimpi hanya menjadi pegawai. Dengan penguasaan dan pemanfaatan IT anda semua bisa menjadi wirausahawan sukses dan sangat mungkin dapat menembus pasar global,” kata Jazuli memberi semangat.

Anggota Komisi I DPR ini lebih lanjut memberikan kiat-kiat menjadi wirausaha sukses yaitu kemauan untuk terus belajar, motivasi dan tekad yang kuat, jeli dan berani mengambil peluang, terus kreatif dan inovatif dan tidak cepat puas dengan hasil yang diperoleh.

Sementara itu, Yulis Widya Marfiah dari BAKTI Kemen Kominfo memaparkan sejumlah kebijakan pemerintah untuk meningkatkan aksesibilitas komunikasi dan informasi khususnya di daerah terpencil, terluar, dan perbatasan. Menurutnya, upaya ini dilakukan oleh pemerintah agar terjadi kemerataan akses informasi termasuk peluang-peluang usaha dan ekonomi di dalamnya.

Tak ketinggalan, akademisi Untirta Anis Fuad memberikan gambaran betapa kemajuan IT  telah mendorong banyak  peluang usaha dengan omzet dan keuntungan yang luar biasa, dan ini kesempatan bagi generasi milenial untuk masuk di dalamnya. Ia memaparkan banyak fitur internet dan sosial media yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan pundi-pundi uang seperti situs-situs belanja online hingga aktivitas vlog, youtube, dan lain sebagainya. (ink/red)