Beranda Kesehatan WHO Sebut Pandemi Covid-19 Segera Berakhir

WHO Sebut Pandemi Covid-19 Segera Berakhir

Ilustrasi - foto istimewa Tribunnews.com

JAKARTA – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut bahwa pandemi Covid-19 akan segera berakhir.

Kematian mingguan baru mencapai titik terendah minggu lalu sejak Maret 2020. WHO mencatat sekitar 11.000 kematian secara global pada minggu 5-11 September, turun 22 persen dari minggu sebelumnya.

Kasus mingguan baru juga turun 28 persen pada waktu itu, dari hampir 4,2 juta selama minggu 29 Agustus hingga 4 September menjadi sekitar 3,1 juta minggu lalu.

“Kami tidak pernah berada dalam posisi yang lebih baik untuk mengakhiri pandemi ini,” kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus pada briefing Rabu.

“Kami belum sampai di sana, tetapi akhir sudah di depan mata.”

Namun, kematian akibat Covid di AS tetap relatif datar, dengan sedikit perubahan selama dua minggu terakhir. Demikian seperti dilansir dari NBC News.

Amerika Serikat mencatat rata-rata mingguan 478 kematian Covid-19 per hari, jauh di atas tingkat terendah yang pernah ada: 168 kematian harian pada minggu yang berakhir 6 Juli 2021. Pada Juni 2022, rata-ratanya adalah 258 kematian harian.

Namun, kasus Covid-19 baru yang tercatat telah menurun sebesar 14 persen dalam dua minggu terakhir, menjadi rata-rata kurang dari 73.000 per hari.

Koordinator respons Covid-19 Gedung Putih, Dr. Ashish Jha, mengatakan pekan lalu bahwa meskipun pandemi belum berakhir, AS telah melihat “perubahan penting dalam perjuangan kita melawan virus.”

Bivalen booster shot yang baru tersedia, yang menargetkan strain virus corona asli dan subvarian omicron BA.4 dan BA.5 yang saat ini beredar, dapat memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap infeksi dan penularan, serta perlindungan yang lebih tahan lama terhadap penyakit parah, ” katanya .

Tetapi Tedros memperingatkan pada hari Rabu bahwa negara-negara mungkin melihat “lebih banyak varian, lebih banyak kematian, lebih banyak gangguan dan lebih banyak ketidakpastian” jika mereka mengurangi upaya untuk menguji, memvaksinasi, dan mengobati.

WHO bertanggung jawab untuk menyatakan berakhirnya Covid sebagai darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional, sebutan yang disediakan untuk wabah penyakit global yang paling serius. Tedros tidak menunjukkan Rabu bahwa deklarasi seperti itu sudah dekat.

Sebaliknya, WHO menguraikan enam tindakan utama untuk membantu negara-negara mengakhiri wabah mereka: pengujian lanjutan, pengobatan dan vaksinasi, pengendalian infeksi di fasilitas perawatan kesehatan, langkah-langkah untuk memerangi informasi yang salah dan komunikasi publik yang jelas.

“Seorang pelari maraton tidak berhenti ketika garis finis sudah terlihat,” kata Tedros. “Dia berlari lebih keras, dengan semua energi yang tersisa. Kita juga harus. Kita bisa melihat garis finis. Kita berada di posisi menang. Tapi sekarang adalah waktu terburuk untuk berhenti berlari.” (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ