Beranda Pemerintahan WH Akan Buka Sayembara Pembangunan Monumen Pendirian Provinsi Banten

WH Akan Buka Sayembara Pembangunan Monumen Pendirian Provinsi Banten

Gubernur Banten Wahidin Halim (tengah) bersama Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy. (Iyus/BantenNews.co.id)

SERANG – Gubernur Banten, Wahidin Halim (WH) menyambut baik usulan tokoh pendiri Provinsi Banten terkait pembangunan monumen perjuangan pendirian Provinsi Banten. Bahkan, dirinya mengaku dalam waktu dekat ini akan membuka sayembara.

“Itu bisa, kita segera sayembarakan. Saya umumkan kita sayembarakan monumen Banten, ini tempatnya bisa di Palima (tidak jauh dari kawasan KP3B-red),” ujar WH.

WH mengatakan, sayembara tersebut dilakukan sama seperti yang beberapa lalu pihaknya lakukan untuk sayembara desain Tugu Pamulang, Kota Tangerang Selatan.

“Nanti (pembangunannya) kita lelang, sayembara kan umum. Kaya tugu pamulang saya umumkan. Sayembara kan saja,” katanya.

Sebelumnya, Anggota DPRD Provinsi Banten Fraksi Golkar, Fitron Nur Ikhsan mengatakan monumen perjuangan Provinsi Banten tersebut diusulkan oleh pendiri Provinsi Banten.

“Tanpa ada perjuangan mereka tidak ada 21 tahun Provinsi Banten. Monumen ini tidak boleh terlambat, sebab jika tidak di develop sekarang nanti bisa ahistoris,” kata Fitron.

Menurutnya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membangun monumen tersebut,  namun jika monumen fisik saja tidak cukup.

Dirinya menyatakan monumen tersebut dapat diorama, sehingga dapat memberikan tampilan 3 dimensi yang menggambarkan suatu adegan atau suasana.

“Sehingga bentuk-bentuk warisan digital yang telah di olah dan dimoderenisasi secara visual akan lebih menarik dan sistematis. Sekarang saatnya, meski terlambat tapi sudah seharusnya,” ujarnya. (Mir/Red)