Beranda Bisnis Waspada Modus Penipuan dan Pencurian Data Lewat Nonton Film di Situs Ilegal

Waspada Modus Penipuan dan Pencurian Data Lewat Nonton Film di Situs Ilegal

Ilustrasi - foto istimewa Lifepal

SERANG – Film Barbie dan Oppenheimer sukses menyita perhatian masyarakat di berbagai belahan dunia. Sayangnya, fenomena kepopuleran dua film terbaru itu tak luput dari aksi penipu yang memanfaatkan momen tersebut dengan melakukan penipuan melalui situs ilegal.

Dilansir dari Suara.com (jaringan BantenNews.co.id), perusahaan keamanan siber Kaspersky mengungkapkan cara penipu phishing untuk mengecoh pengguna yang kurang waspada terkait seputar rilis film. Tujuannya untuk mengambil uang dan data pribadi pengguna secara ilegal.

Menurut laporan Kaspersky pada Jumat (21/7/2023) lalu, beberapa bentuk penipuan yang teridentifikasi yaitu diantaranya penipu menawarkan streaming film Oppenheimer yang dirilis pada hari yang sama dengan Barbie secara gratis. Motifnya adalah untuk mencuri informasi perbankan dan uang dari pengguna.

Dalam skema penipuan ini, para penipu sering meminta biaya kecil, seperti satu dolar atau euro yang digunakan untuk pendaftaran. Untuk melanjutkan pendaftaran, penipu meminta kartu bank untuk dihubungkan, yang memungkinkan mereka melakukan penipuan lebih lanjut dan sulit untuk dibatalkan dari akun pengguna.

Permintaan pembayaran yang mencurigakan semacam itu seharusnya membuat pengguna lebih berhati-hati.

Selain itu, film Barbie juga menjadi target para penipu. Melalui halaman palsu, para penipu menawarkan untuk membeli boneka Barbie edisi terbatas dengan harga yang miring. Penawaran khusus itu sehubungan dengan peluncuran film tersebut.

Setelah memilih produk yang akan dibeli, pengguna akan diarahkan ke formulir pembelian yang meminta rincian identifikasi pribadi, seperti nama, alamat, nomor telepon, dan informasi perbankan.

Tanpa curiga, banyak pengguna akhirnya mengirimkan uang dan data pribadi mereka secara langsung ke tangan penipu. Selain risiko keuangan, jenis penipuan ini juga mengancam privasi pengguna karena data yang dicuri bisa dijual di pasar Dark Web.

Pakar keamanan di Kaspersky, Olga Svistunova, mengingatkan para pengguna untuk tetap waspada dan mematuhi aturan keamanan online. Meskipun menyenangkan menikmati film-film populer seperti Barbie dan Oppenheimer, penonton tidak boleh mengabaikan risiko yang mungkin timbul.

Dengan tetap waspada dan menerapkan kebiasaan online yang aman, penonton dapat menikmati sepenuhnya pengalaman menonton Barbie dan Oppenheimer sambil melindungi diri dari ancaman dunia maya yang mengintai di dunia digital.

Kaspersky memberikan beberapa rekomendasi untuk para penonton agar tetap aman saat menikmati keseruan seputar melakukan kegiatan berbasis online.

Pertama, hati-hati terhadap penipuan phishing yang menawarkan penawaran eksklusif atau barang gratis melalui email, pesan, atau situs web mencurigakan.

Selalu verifikasi keamanan situs web sebelum melakukan transaksi online dengan memastikan situs memiliki koneksi yang aman (HTTPS dan simbol gembok di bilah alamat). Gunakan solusi keamanan yang terpercaya untuk mengidentifikasi lampiran berbahaya dan memblokir situs phishing

Selalu berhati-hati saat berbagi informasi pribadi secara online, khususnya detail sensitif seperti alamat, nomor telepon, atau informasi keuangan. Hanya bagikan informasi tersebut pada platform yang tepercaya dan aman.

Terakhir, bergantunglah pada sumber-sumber resmi dan terpercaya ketika membeli merchandise, mengakses konten film, atau mencari informasi terkait pemutaran perdana. Hindari sumber-sumber tidak resmi atau mencurigakan.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini