Beranda Kesehatan Waspada! Kebiasan Sarapan yang Salah Bisa Sebabkan Kegemukan

Waspada! Kebiasan Sarapan yang Salah Bisa Sebabkan Kegemukan

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Sarapan menjadi hal yang sangat penting saat kita belum melakukan aktivitas sehari-hari. Karena salah satu dari manfaat sarapan pagi adalah sebagai sumber energi setelah tidur semalaman.

Menurut sebuah penelitian sarapan pagi dengan menu yang sehat dapat membantu menurunkan berat badan. Dengan sarapan, Anda tidak akan terlalu lapar pada siang hari, sehingga keinginan untuk mengonsumsi makanan berlebihan pada saat makan siang dapat terhindarkan.

Bahkan, jika Anda sebagai penggemar olahraga pagi, mengonsumsi makanan terlebih dahulu akan membuat peningkatan sistem metabolisme dapat diimbangi, sehingga aktifitas latihan tidak sampai membuat mudah lapar, serta tubuh tidak akan terlalu menyerap banyak kalori di kemudian hari.

Sayangnya bagi orang dewasa, masih ada kebiasaan yang justru salah saat sarapan pagi. Sehingga bukannya dapat membantu metabolisme tubuh dan membuat tubuh ideal. Justru malah merusak penampilan tubuh Anda yang menyebabkan kegemukan.

Lalu kebiasaan sarapan seperti apa yang bisa menyebabkan kegemukan tersebut? Mengutip dari faktualnews.com, ada empat kebiasaan sarapan yang salah sehingga menyebabkan kegemukan.

1. Melewatkan Sarapan

Melewatkan sarapan bukan hanya karena kesibukan yang mendadak. Tetapi juga menjadi alasan untuk diet cepat. Namun faktanya itu bukanlah jalan baik untuk menguruskan berat badan. Peneliti di Imperial College London menemukan, orang yang melewatkan sarapan, di dalam otak mereka yang mengatur bagian reward menjadi aktif. Inilah yang menyebabkan otak jadi membayangkan makanan manis dan sarat karbohidrat.

2. Melupakan Buah-Buahan

Menikmati makanan kaya serat sangat dibutuhkan untuk menemani hari pagi Anda. Menurut penjelasan ahli gizi dalam C&J Nutrition yakni Stephanie Clarke, RD, dan Willow Jarosh, RD, mengungkapkan bahwa setidaknya Anda membutuhkan 6 gram asupan serat pada pagi hari guna mendorong tubuh untuk memiliki berat badan ideal.

Untuk makanan berserat yang direkomendasikan meliputi sayuran hijau, buah pir, apel, kacang-kacangan serta biji-bijian. Sarapan pagi sarat dengan kandungan serat, tentu akan membuat tubuh jadi lebih lama untuk merasa lapar. Apalagi saat melakukan olahraga, tentu serat tinggi cukup menunjang dalam menyuplai sistem pertahanan tubuh.

3. Mengandalkan Karbohidrat Tinggi

Makan kue muffin bersama kopi sepertinya tidak ada yang salah. Tapi, kebanyakan kue seperti muffin dan bolu, mengandung kadar gula yang tinggi melebihi jumlah maksimal yang dibolehkan oleh ilmu kesehatan yakni 24 gram perhari atau setara dengan enam sendok teh. Biasanya, muffin mengandung 44 gram gula tambahan.

4. Jumlah Sarapan Terlalu Sedikit

Lagi-lagi, waktu terlalu sering disalahkan sebagai penyebab seseorang hanya bisa sarapan ala kadarnya. Sehingga nasehat yang mengatakan “Sarapanlah seperti raja, makan siang seperti pangeran dan makan malam seperti pengemis” menjadi terlupakan.

Penelitian di Israel menyebutkan, orang obesitas yang mengasup lebih banyak kalori saat sarapan, makan lebih sedikit saat makan malam. Walhasil mereka bisa lebih cepat menurunkan berat badan daripada orang yang sarapan sedikit tapi makan malam dalam jumlah yang banyak. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini