Beranda Kesehatan Waspada! Begini Tanda Kamu Sudah Kecanduan Kopi

Waspada! Begini Tanda Kamu Sudah Kecanduan Kopi

46
0
Ilustrasi - foto istimewa medcom.id

Tak hanya menghilangkan rasa kantuk, kopi juga bisa membuat kita menjadi lebih bersemangat. Sayangnya, mengonsumsi kopi juga bisa membuat kita kecanduan. Seperti apa sih tanda jika kita sudah kecanduan kopi?

Tanda pertama jika kita sudah kecanduan minum kopi adalah tidak bisa bekerja atau melakukan berbagai aktivitas jika tidak sempat minum kopi terlebih dahulu.

Kita akan merasa gelisah dan kurang tenang sehingga tak kunjung bisa berkonsentrasi. Hal ini disebabkan oleh kafein yang bersifat stimulan yang bisa merangsang reseptor dopamin di dalam otak dan akhirnya memicu kecanduan.

Mengonsumsi kopi hingga kecanduan ternyata juga bisa mempengaruhi denyut jantung. Hal ini disebabkan oleh kemampuan kafein dalam membuat palpitasi jantung.

Jika tidak sempat minum kopi, maka detak jantung bisa menjadi tidak beraturan. Meskipun denyut jantung memang bisa menjadi lebih normal setelah mengonsumsi kopi, palpitasi jantung jika dibiarkan begitu saja dan tidak segera ditangani secara medis bisa menyebabkan gagal jantung yang mematikan.

Yang tidak disangka adalah, kecanduan kopi ternyata bisa menyebabkan stres atau depresi. Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal berjudul New England Journal of Medicine, disebutkan bahwa mereka yang sudah kecanduan kopi dan tidak sempat meminumnya akan lebih mudah mengalami depresi.

Sobat Sehat sudah sampai mengalami gejala kecanduan kopi ini atau belum? Jika sudah, jangan ragu untuk segera memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter untuk menanganinya. Jika belum, pastikan untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsinya agar tidak sampai menyebabkan kecanduan. (Red)

Sumber : doktersehat.com