Beranda Peristiwa Waspada! Ada Siklon Tropis Kenanga, Sebabkan Gelombang Tinggi di Perairan Banten

Waspada! Ada Siklon Tropis Kenanga, Sebabkan Gelombang Tinggi di Perairan Banten

Ilustrasi - foto istimewa tribunnews.com

SERANG – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memantau terjadinya siklon tropis kenanga di wilayah Hindia barat daya Bengkulu. Diperkirakan dalam 24 jam ke depan siklon tropis kenanga akan bergerak ke barat daya menjauhi wilayah Indonesia dan berdampak pada gelombang tinggi di Indonesia, termasuk di wilayah Banten.

“Berdasarkan pantauan BMKG pada 15 Desember 2018 pukul 19.00 WIB terdapat siklon tropis Kenanga di wilayah Hindia barat daya Bengkulu 8,7 LS, 92,0 BT (sekitar 1240 km sebelah barat daya Kerinci) dengan arah ke timur tenggara dan kecepatan 6 knots (11 km/jam) dan kekuatannya 35 knots (65 km/jam),” tulis BMKG dalam keterangan tertulis yang diikutip detikcom, Minggu (16/12/2018).

BMKG memperkirakan dalam 24 jam ke depan mulai pukul 19.00 WIB siklon tropis Kenanga bergerak ke barat daya menjauhi wilayah Indonesia dengan kecepatan 7 knots atau 13 km per jam – tekanan terendah : 990 mb dan kekuatan 50 knots 95 km per jam.

“Kondisi ini akan berdampak gelombang tinggi di wilayah Indonesia. BMKG mengimbau masyarakat waspadai gelombang dampak di wilayah Indonesia gelombang laut 2.5 – 4.0 perairan barat Kepulauan Mentawai, Perairan Enggano, Samudera Hindia barat Mentawai hingga selatan Banten, Laut Natuna Utara,” jelas BMKG.

“Serta Gelombang laut setinggi 4.0 – 6.0 Perairan barat Kepulauan Mentawai, Perairan Enggano, Samudera Hindia barat Mentawai hingga selatan Banten, Laut Natuna Utara,” kata BMKG. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini