Beranda Peristiwa Wasapada! Kebakaran Rawan Terjadi Saat Musim Kemarau

Wasapada! Kebakaran Rawan Terjadi Saat Musim Kemarau

Ilustrasi - foto istimewa beritacenter.com

CILEGON – Masyarakat diingatkan agar selalu waspada terhadap musibah kebakaran. Apalagi disaat musim kemarau seperti saat ini. Musibah kebakaran makin rentan terjadi.

Plt Kabid Pemadaman dan Penyelamatan Pemadam Kebakaran Kota Cilegon, Ipan Zaenudin mengimbau kepada masyarakat agar selalu mencegah kebakaran di lingkungannya masing-masing.

Dia menyatakan disaat musim kemarau seperti saat ini kebakaran cukup rawan. Sebab, banyak diantara material kering dan mudah terbakar.





“Khususnya kekeringan yang terjadi di lahan kosong, sangat mudah terbakar seperti alang-alang dan lahan yang terdapat semak-semak,” ujarnya, Jumat (24/8/2018).

Ipan mengungkapkan bahwa sebulan terakhir peristiwa kebakaran di Kota Cilegon cukup tinggi, terutama kebakaran lahan.

“Ada sekitar 10 peristiwa kebakaran selama sebulan ini saja, terutama kebakaran lahan,” katanya.

Dia menjelaskan bahwa kebakaran di Kota Cilegon didominasi kebakaran hutan dan korsleting listrik. Selain itu juga disebabkan karena pembakaran sampah.

“Kebakaran lahan juga banyak disebabkan karena pembakaran sampah. Makanya kalau ingin membakar sampah harus lebih hat-hati, lebih baik lagi jangan dibakar. Sementara korsleting listrik akibat pemasangan instalasi listrik yang kurang baik. Sehingga terjadi arus pendek dan menimbulkan kebakaran,” terangnya. (Man/Red)