Beranda Peristiwa Warung di Atas Trotoar JLS Cilegon Dibongkar

Warung di Atas Trotoar JLS Cilegon Dibongkar

Adu mulut antara petugas dengan kelompok ormas saat akan membongkar salah satu bangunan warung. (BantenNews.co.id)

CILEGON – Adu mulut antara pemilik warung di atas trotoar di Jalan Lingkar Selatan (JLS) Cilegon dengan petugas dari Dinas Satpol PP Kota Cilegon pecah pada saat penertiban dilakukan pada Selasa (26/10/2021).

Pemilik warung melalui kelompok berseragam salah satu ormas memprotes adanya upaya pembongkaran bangunan dengan dalih sudah berkontribusi pada pemerintah daerah untuk dapat berjualan di lokasi tersebut.

“Ada pajaknya tiap tahun dibayar, gimana sih. Kan saya bayar lho di sini ini. (Dibayarkan) ke Disperindag-lah,” ucap salah seorang pria berseragam ormas seraya meminta tidak adanya pembongkaran.

Pantauan di lokasi, kendati sempat dihalau, petugas yang dibantu aparat gabungan tetap membongkar warung dari baja ringan lantaran disinyalir tak berizin dan berjualan miras.

Kepala Dinas Pol PP Cilegon, Juhadi M Syukur dalam keterangannya mengungkap bahwa upaya pihaknya tersebut guna menindaklanjuti laporan masyarakat sekaligus menegakkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2001 tentang Pelanggaran Kesusilaan, Minuman Keras, Perjudian, Narkotika, Psikotropika, dan Dzat Adiktif lainnya.

“Boleh tempat ini digunakan untuk pemberdayaan dan peningkatan perekonomian masyarakat kita, dengan syarat tidak melanggar perda itu. Dan kita sudah berkoordinasi dengan Disperindag, maka kita sepakat untuk dibongkar dengan dasar pengawasan, karena penindakan sudah sering, dan kita dimaki-maki masyarakat. Artinya kan ini bukan pemberdayaan lagi, tapi sudah melanggar aturan,” katanya.

Juhadi meminta agar lokasi tersebut untuk dikosongkan sebagai bentuk sanksi dari pemerintah daerah.

“Mudah-mudahan dengan pembongkaran ini masyarakat jera, dan selanjutnya dapat berjualan produk yang disesuaikan, yang menurut Disperindag adalah pemberdayaan,” tandasnya.

(dev/red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini