Beranda Peristiwa Warga Sukajadi Bentuk Kampung Sehat

Warga Sukajadi Bentuk Kampung Sehat

Walikota Tangerang Arief R Wismansyah resmikan Kampung Sehat Sinar Hati. (Alwan/bantennews.co.id)

 

TANGERANG– Walikota Tangerang Arief R Wismansyah bersama Ketua PKK Kota Tangerang Aini Suci Wismansyah, meresmikan Kampung Sehat Sinar Hati (KSSH) dan Koperasi Mitra Sukajadi Sejahtera yang berlokasi di RT 02/02, Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Sabtu (11/7/2020).

Arief mengatakan, walaupun  pandemi Covid-19, masyarakat tetap bisa berinovasi terhadap lingkungan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.
“KSSH ini bukti nyata komitmen bersama dan gotong royong kita bahwa dengan membangun ini, selain kampung kita jadi sehat, diri kita sehat dan keluarga kita juga sehat,” katanya di hadapan warga RT 02/02.

Arief mengungkapkan, hanya dalam kurun waktu tiga bulan, KSSH mampu membangun lingkungan yang tadinya merupakan lahan pasif menjadi lahan yang bermanfaat atau produktif untuk warga. “Saya aja sampai pangling. Tadinya tempat sampah, kumuh jasa, sekarang sudah bisa ditanam sayuran,” ungkapnya.

Di dalam KSSH terdapat pembibitan dari berbagai tanaman produktif serta ditebar juga 1.500 bibit ikan lele. Selain itu, dilakukan juga penyerahan secara simbolis pemberian pinjaman kepada anggota Koperasi Mitra Sukajadi Sejahtera dan penggiat usaha kecil. “Dipakai untuk bangun usaha ya bu, supaya uangnya muter terus untuk kehidupan sehari-hari. Kalau perlu bahan-bahannya ngambil dari KWT aja nih,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua RW 02 Kelurahan Sukajadi, Aang Wahyudi menjelaskan, KSSH terbentuk dari semangat serta keinginan keras dari warga RT 02/02 untuk membangun sarana dalam menyalurkan inovasi terhadap lingkungan.
“Dengan memanfaatkan lahan pasif yang awalnya adalah tempat pembuangan sampah dan kebun yang tidak terurus, Alhamdulillah KSSH hari ini sudah diresmikan. Tentunya sebagai Ketua RW, saya berharap KSSH menjadi kampung ketahanan pangan dan ekonomi untuk warga RW 02,” ujar Aang. (Tra/Wan/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini