Beranda Sosial dan Budaya Warga Sobang Gelar Acara Ruat Bumi dan Doa Bersama

Warga Sobang Gelar Acara Ruat Bumi dan Doa Bersama

Bupati Pandeglang Irna Narulita hadir dalam acara tradisi ruat bumi di Sobang, Pandeglang, Banten. (Foto: Memed/bantennews.co.id)

PANDEGLANG – Masyarakat di Kecamatan Sobang menggelar tradisi tasayakuran atau ruat bumi sebagai wujud syukur kepada Tuhan dan pertanda dimulainya masa bercocok tanam.

Camat Sobang, Subro Mulisi membenarkan jika kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh warga Sobang setiap masa bercocok tanam dimulai. Kata Subro, biasanya sebelum acara ruat bumi, warga terlebih dahulu melakukan ziarah ke kuburan keluarganya yang telah meninggal.

“Ketika mulai masa tanam, mereka akan melakukan syukuran dahulu yang dinamakan ruat bumi. Jika Rabu ini warga melakukan syukuran, berarti Jum’at kemarin sudah melakukan ziarah di TPU,” kata Subro pada acara ruatan bumi di Kampung Tanjakan Desa Pangkalan Kecamatan Sobang, Rabu (24/10/2018).





Sementara itu, Bupati Pandeglang Irna Narulita, menilai acara ini harus diniatkan sebagai wujud syukur kepada Allah SWT, selain itu ia juga berpesan agar warga memelihara tanamannya dengan baik agar hasil yang didapat nantinya sesuai dengan yang diharapkan.

“Lahan yang terus kita pergunakan ini harus disyukuri kepa Allah SWT. Selain itu, harus dirawat dan dipupuk dengan pupuk organik agar mengurangi residu pada hasil pertanian yang kita konsumsi,” katanya. (Med/Red)