Beranda Pemerintahan Warga Sampaikan Aspirasi Melalui Reses DPRD Lebak

Warga Sampaikan Aspirasi Melalui Reses DPRD Lebak

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lebak menggelar Rapat Paripurna Dalam Rangka Penyampaian Hasil Reses Ke-1 Tahun 2021 - foto istimewa

LEBAK – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lebak menggelar Rapat Paripurna Dalam Rangka Penyampaian Hasil Reses Ke-1 Tahun 2021. Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Lebak, Junaedi Ibnu Jarta, dan dihadiri oleh Asisten Daerah Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Lebak (Asda II) Wawan Kuswanto secara daring di Lebak Data Center, serta beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang juga mengikuti Paripurna Dewan secara daring.

Laporan hasil reses DPRD yang dilaksanakan di setiap daerah pemilihan (Dapil) masing-masing anggota DPRD, bertujuan untuk menerima aspirasi masyarakat. Hal ini sebagai bentuk tanggung jawab bersama DPRD dan pemerintah daerah, dalam menjawab berbagai kebutuhan ataupun permasalahan yang dihadapi masyarakat, sebagai masukan dalam penyusunan terhadap kebijakan pemerintah, serta pelaksanaan tugas alat kelengkapan DPRD.

Wawan mengatakan segala hasil reses yang disampaikan oleh masing-masing Dapil, akan menjadi perhatian Pemerintah Daerah Kabupaten Lebak sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan arah kebijakan pembangunan.





“Nanti hasil reses ini akan ditindak lanjut oleh OPD terkait dan akan menjadi perhatian Pemkab Lebak dalam mengambil arah kebijakan pembangunan pada masa mendatang,” ucap Wawan melalui siaran tertulis, Jumat (12/2/2021).

Sementara itu Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Lebak, Junaedi Ibnu Jarta mengatakan kegiatan reses dewan ini merupakan amanat konstitusi dalam rangka mengembangkan mekanisme keterwakilan para anggota dewan dari masing-masing Dapil.

Lebih lanjut Junaedi menjelaskan salah satu substansi penting dari kegiatan reses adalah menjaring dan menampung aspirasi masyarakat secara langsung dari konstituennya dan sebagai media informasi serta evaluasi.

“Oleh karena itu, kami berharap melalui pola pendekatan ini, beberapa agenda kegiatan dan kebijakan Pemerintah Daerah dapat dilaksanakan dengan dukungan dan peran serta masyarakat,” Jelas Junaedi.

Junaedi juga berharap dokumen reses yang telah disampaikan dapat berguna bagi Pemkab Lebak dalam mengambil arah kebijakan pembangunan kedepannya.

(Red)