Beranda Kesehatan Warga Pandeglang Positif Covid-19 Bertambah Satu Orang Lagi

Warga Pandeglang Positif Covid-19 Bertambah Satu Orang Lagi

Ilustrasi - foto istimewa CNN Indonesia

PANDEGLANG – Satu orang warga Kabupaten Pandeglang kembali terkonfirmasi positif Covid-19. Warga tersebut merupakan warga Kecamatan Pandeglang yang telah dievakuasi ke Wisma Atlet Jakarta pada Sabtu (10/5/2020) kemarin.

Dengan demikian total ada 4 warga Pandeglang yang terkonfirmasi positif Covid-19, dimana 3 orang diantaranya merupakan warga Kecamatan Carita dan satu orang lagi warga Kecamatan Pandeglang.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pandeglang, Achmad Suleman menyampaikan, warga Kecamatan Pandeglang yang positif Covid-19 sebelumnya bekerja di Jakarta dan tinggal di kontrakan di sana.

Namun kebijakan Pemerintah Provinsi Jakarta yang memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) memengaruhi pada pekerjaan dan pendapatan warga tersebut hingga akhirnya dia memutuskan pulang ke Pandeglang.

Pada 23 April 2020 warga tersebut berinisiatif untuk melaporkan diri ke RT setempat dan disarankan pula untuk memeriksa kesehatannya ke Puskemas Cikupa. Sesampainya di Puskesmas Cikupa dia disarankan ikut rapid test massal yang dilakukan oleh Dinkes Provinsi Banten di Pasar Badak Pandeglang dan hasilnya reaktif.

“Hasil rapid testnya reaktif sehingga petugas memutuskan untuk melakukan Swab karena warga tersebut tidak memiliki keluhan apapun maka ia dimasukkan pada status OTG dengan riwayat kontak,” papar Sulaeman, Minggu (10/5/2020).

Kata Sulaeman, selama menunggu hasil Swab keluar warga itu disarankan agar melakukan isolasi mandiri di rumah, akan tetapi menurut laporan dari tetangga sekitar OTG ini masih sering keluar rumah sehingga warga melaporkannya ke tim gugus kecamatan.

“Puncaknya kemarin hasil rapat internal tim gugus tugas memutuskan untuk mengevakuasi OTG ini ke RSUD Berkah, tetapi RSUD Berkah tidak bisa merawat orang ini karena tidak ada keluhan. Akhirnya setelah berkoordinasi dengan petugas medis di Wisma Atlet OTG ini dibawa ke Jakarta,” katanya.

Ia menambahkan, rencananya Senin (11/5/2020) besok Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pandeglang dan Gugus Tugas Kecamatan akan melakukan rapid test pada keluarga pasien OTG ini dan akan dilanjutkan pada warga yang sempat kontak dengan pasien tersebut.

“Hari ini kami sudah menerima hasil Swab warga itu dan hasilnya adalah positif maka dari itu tindakan tim gugus kecamatan kemarin sudah tepat dengan mengevakuasi ke Wisma Atlet Kemayoran. Untuk itu kami mengimbau masyarakat sekitar Gardutanjak tetap waspada dan jangan panik,” imbaunya.

(Med/Red)