Beranda Peristiwa Warga Lebak Tangkap Buaya di Sungai Cisimeut

Warga Lebak Tangkap Buaya di Sungai Cisimeut

Warga menunjukkan buaya yang ditangkap. (Sandi/bantennews)

LEBAK – Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Lebak menyerahkan seekor buaya ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). Buaya tersebut hasil tangkapan warga di Sungai Cisimeut pada Minggu (22/10/2023) lalu.

Ade Apriyadi, petugas Damkar Lebak mengatakan buaya yang ditangkap warga merupakan jenis buaya muara dengan panjang 1,8 meter dan berusia sekitar satu tahun. Buaya tersebut ditangkap warga yang sedang memancing di Sungai Cisimeut.

“Buaya yang ditangkap warga pun dibawa oleh petugas Damkar untuk diserahkan ke BKSDA,” kata Ade saat ditemui, Selasa (24/10/2023).

Ia menjelaskan, penyerahan buaya ke BKSDA karena hewan tersebut merupakan hewan yang dilindungi.

“Kami menyerahkannya untuk kemudian dikembangkan ke habitatnya agar tidak menyerang manusia. Karena buaya juga hewan yang dilindungi,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Resort Bidang Tumbuhan Satwa Liar BKSDA T Rahardianto Laban mengatakan, penyerahan buaya setelah pihak Damkar Lebak menghubungi BKSDA jika ada warga yang menyerahkan buaya.

“Jadi saya dihubungi, selanjutnya buaya ini akan kita rehabilitasi di tempat kami,” kata Rahardianto saat dihubungi, Selasa (24/10/2023).

Ia mengungkapkan, saat diserahkan dari Damkar Lebak kepada BKSDA, buaya dalam keadaan baik, dengan kondisi kaki terikat dan mulut ditutup menggunakan lakban. Untuk menghindari buaya tersebut menyerang.

“Setelah diserahkan, buaya akan kita karantina dan selanjutnya akan dilepaskan di habitatnya,” imbuhnya.

Ia menambahkan, dengan ditangkap buaya tersebut diduga masih berkeliaran buaya yang lain.

“Yang pertama, warga harus tetap berhati-hati karena memang sungai itu memang tempat dan habitat buaya,” ucapnya. (San/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini