Beranda Peristiwa Warga Lebak Ini Harus Tinggal di Rumah Reyot yang Nyaris Roboh

Warga Lebak Ini Harus Tinggal di Rumah Reyot yang Nyaris Roboh

Rumah warga tak layak huni di Kabupaten Lebak. (Sandi/bantennews)

LEBAK – Kondisi keluarga Udi (41) dan Sanah (36) warga Kampung Parungsari, Desa Sindangsari, Kecamatan Warunggunung, Kabupaten Lebak, Banten, sangat mengkhawatirkan. Pasalnya, rumah yang mereka tempati kondisinya sudah reyot dan jauh dari kata layak.

Dari pantauan BantenNews.co.id,  rumah yang berukuran 8 x 4 meter tersebut terbuat dari kayu dan bambu, sedangkan dindingnya yang terbuat dari bilik sudah banyak yang bolong, bahkan atapnya berupa genteng juga banyak yang bocor.

Sanah mengatakan, dirinya bersama suami dan keempat anaknya tersebut terpaksa harus tinggal di rumah yang reyot tersebut lantaran tidak punya lagi rumah selain yang mereka tempati.

“Yang saya takuti saat hujan besar dan disertai angin kencang, soalnya takut roboh,” kata Sanah saat ditemui dirumahnya, Kamis (25/8/2022).

Ia menjelaskan, kondisi dalam rumah juga tidak ada kamar, hanya ada dapur dan tempat tidur saja untuk keempat anaknya. Untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dirinya berjualan sayur yang di diambilnya dari lingkungan sekitar rumahnya seperti daun singkong, genjer dan lainnya.

“Dari hasil jualan itu hanya untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Kalau dibilang cukup ya jelas tidak cukup lah,” ujarnya.

Ia menambahkan, jika suaminya saat ini hanyalah bekerja sebagai buruh pengemudi traktor untuk membajak sawah milik warga-warga sekitar.

“Hasil dari membajak sawah tersebut lumayan bisa menyambung hidup keluarga kami, tapi kan membajak sawah tidak tiap hari, hanya saat mau menanam padi saja, bagaimana untuk membetulkan rumah, untuk kebutuhan sehari-hari saja masih kurang,” ucapnya dengan nada sedih.

Sementara itu Ketua RT Kampung Parungsari, Saepudin mengharapkan ada bantuan dari pemerintah desa atau pemerintah daerah untuk warganya tersebut.

“Saya sebelumnya sudah koordinasikan kepada pihak desa tetapi memang belum ada lagi tanggapan, terkait bedah rumah bagi keluarga bapak Udi,” katanya.

(San/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini