Beranda Bisnis Warga Kota Tangerang Ini Sukses Berkebun di Rooftop Rumah Layaknya Supermarket

Warga Kota Tangerang Ini Sukses Berkebun di Rooftop Rumah Layaknya Supermarket

Nunuk Maryanti Sukses Berkebun di Rooftop Rumah Layaknya Supermarket - foto istimewa

TANGERANG – Nunuk Maryanti warga Kelurahan Kunciran, Kecamatan Pinang meraih Juara I Lomba Video Berkebun yang digelar oleh Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang.

Nunuk mengatakan, keikutsertaannya dalam lomba tersebut karena memiliki hobi berkebun sekaligus mengajak masyarakat untuk berkebun memanfaatkan pekarangan rumah.

“Niatnya sebenarnya enggak mengejar juara, saya kirim video lomba saja di hari terakhir, alhamdulilah bangga sekali dan senang diapresiasi oleh DKP dan lebih semangat lagi untuk berkebun,” ujar Nunuk, Rabu (28/11/2023).

Dikatakannya banyak manfaat yang telah didapatkannya dari hobi berkebun di rumah, salah satunya penghijauan. “Penghijauan menghasilkan banyak oksigen, kita juga bisa sedekah oksigen ke tetangga yang enggak punya tanaman,” ujar Nunuk.

Adapun jenis tanaman yang ditanam Nunuk merupakan tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari mulai dari sayuran, buah-buahan, ada juga budidaya lele di ember, dan tanaman Toga. Sedangkan sayuran, juga cukup komplit dengan ada kangkung, bayam, pakcoy, cabai, tomat dan lainnya.

Lengkapnya jenis tanaman yang tersedia sehingga Nunuk menyebutnya dengan istilah ‘kebunku supermarketku’. Kehadirannya selain dapat menghemat pengeluaran dapur juga menambah pendapatan. “Selama ini tinggal metik, hasil panen juga ada yang kita bagikan ke tetangga,” ujarnya.

Jenis tanaman yang banyak di kebun Nunuk adalah lidah buaya. Pasalnya, kata Nunuk lidah buaya banyak sekali manfaatnya, untuk kesehatan, kecantikan, juga mempercepat penyembuhan luka.

Bahkan tanaman lidah buaya milik Nunuk selalu dibeli pelaku UKM setiap dua minggu sekali untuk bahan baku minuman kesehatan yang produknya dipasarkan di supermarket ternama.

“Kita berkebun organik yang mudah, dan murah, pupuknya berasal dari kompos yang dikelola Bank Sampah di lingkungan. Selain itu, memanfaatkan bahan alami agar tanamannya tumbuh subur dan terbebas dari hama,” jelasnya.

“Contohnya mengatasi hama dan penyakit tanaman saya pakai bawang merah yang dihaluskan dan dicampur air lalu disemprotkan di tanaman,” tambahnya.

Dikatakan Nunuk, pada dasarnya berkebun sangat mudah dan dapat dilakukan dengan memanfaatkan lahan yang terbatas. “Salah satu tanaman yang dapat dicoba untuk ditanam di rumah adalah lidah buaya. Lidah buaya juga banyak ditemui di pekarangan rumah lingkungan setempat,” tutupnya.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini