Beranda Pemerintahan Warga Kota Tangerang Diimbau Intensifkan Pembuatan Biopori Hadapi Musim Penghujan

Warga Kota Tangerang Diimbau Intensifkan Pembuatan Biopori Hadapi Musim Penghujan

Pembuatan lubang biopori di pemukiman warga, khususnya yang kerap dilanda banjir. 

TANGERANG – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang, Tihar Sopian, mengajak masyarakat untuk turut serta berperan aktif dalam mencegah terjadinya banjir saat musim hujan. Salah satunya, mengintensifkan pembuatan lubang biopori di pemukiman warga, khususnya yang kerap dilanda banjir.

Pasalnya, dengan membuat lubang biopori di pekarangan rumah, dapat membantu meresapkan air hujan ke dalam tanah dengan lebih cepat. Sehingga hal itu bisa mengurangi genangan air yang dapat menyebabkan terjadinya banjir.

“Membuat biopori adalah langkah kecil yang dapat diambil oleh masyarakat dalam pelestarian lingkungan yang berkelanjutan. Kita dapat dengan membuat biopori di halaman rumah, untuk mengurangi risiko banjir, meningkatkan kualitas air tanah, dan menyuburkan tanah,” tuturnya, Rabu (1/11/2023).

Ia pun menjelaskan bagaimana cara membuat biopori di halaman rumah, yakni dengan menyiram terlebih dahulu tanah yang menjadi lokasi biopori, agar lebih lunak dan mudah untuk dilubangi. Setelah itu lubangi tanah menggunakan bor tanah dengan kedalaman 80 hingga satu meter dan diameter 10 hingga 30 cm. Serta pastikan saat melakukan pengeboran dengan posisi tegak lurus.

“Jika sudah selesai, lapisi lubang menggunakan pipa PVC yang ukurannya sama dengan diameter lubang. Dan pastikan pipa tersebut juga sudah diberikan banyak lubang, kemudian isi dengan sampah organik seperti daun, rumput, kulit buah-buahan, dan sampah yang berasal dari tanaman lainnya. Setelah itu tutup lubang menggunakan kawat besi, atau bisa juga memakai tutup pipa PVC yang sudah dilubangi terlebih dahulu,” jelas Tihar.

Tak hanya itu, masyarakat juga dapat mengisi sampah organik secara bertahap setiap lima hari sekali sampai penuh. Biarkan selama tiga bulan hingga sampah tersebut berubah menjadi kompos. “Setelah itu, angkat kompos yang sudah jadi dari lubang biopori, dan lubang siap diisi kembali dengan sampah yang baru. Kompos pun siap digunakan untuk memupuk tanaman yang ada di halaman rumah,” katanya.

Ia pun berharap, masyarakat dapat ikut melakukan mitigasi musim penghujan. Yakni, melakukan upaya nonstruktural penanganan banjir. “Mulai dari pembuatan lubang serapan biopori, sumur resapan komunal warga, penanaman pohon dan budaya membuang sampah pada tempatnya,” tutup Tihar.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini