Beranda Kesehatan Warga Keluhkan Bau Tidak Sedap Akibat TPSA Dengung 

Warga Keluhkan Bau Tidak Sedap Akibat TPSA Dengung 

Area TPSA yang berada di Kampung Dengung, Desa Sindangmulya, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak, Banten.

LEBAK – Pulsa Han warga di Kampung Dengung, Desa Sindangmulya, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak, Banten, mengeluhkan bau sampah karena pengelolaan sampah yang kurang baik di Tempat Pengelolaan Sampah Akhir (TPSA) Dengung.

Ishak, salah seorang warga sekitar mengatakan, jika bau yang ditimbulkan oleh sampah tersebut sudah terjadi dalam sebulan terakhir. Bau yang menyengat dari area pembuangan sampah tersebut hingga masuk ke area dalam rumah.

“Kami menduga karena pengelolaan sampah yang kurang baik di TPSA Dengung. Hingga hampir semua warga yang berada di Kampung Dengung merasakan bau yang tidak sedap dari area pembuangan sampah,” kata Ishak saat dihubungi, Sabtu (24/2/2024).

Ia mengungkapkan, selain bau sampah, lalat juga sudah mulai yang berterbangan ke area kampung hingga masuk ke area rumah warga.

“Bau polusi ini sampai masuk ke dalam rumah apalagi di malam hari mengganggu istirahat masyarakat. Semoga para pelaku kebijakan dan pemerintah bisa mengatasi polusi ini dengan secepat mungkin,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lebak Iwan Sutikno membenarkan terkait bau sampah menyengat, yang disebabkan karena ada penataan di TPSA Dengung.

“Kita ada penataan, yang semula sampah menggunung dipindahkan kebelakang agar tidak terlihat kumuh, Bau diakibatkan ada proses pemindahan sampah,” ucap Iwan.

Ia menambahkan, terkait bau yang menyengat pihaknya akan segera melakukan penanganan secepatnya, agar bau menyengat tidak masuk ke area rumah.

“Secepatnya secara berangsur kita tutup dengan tanah sehingga tidak bau,” katanya. (San/Red).

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini