Beranda Uncategorized Warga Kabupaten Tangerang Didorong Ciptakan Inovasi Kelola Sampah Bernilai Ekonomis

Warga Kabupaten Tangerang Didorong Ciptakan Inovasi Kelola Sampah Bernilai Ekonomis

Ahmad Taufik, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Tangerang - foto istimewa

KAB. TANGERANG – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Tangerang mendorong masyarakat untuk menciptakan inovasi dalam pengelolaan sampah sehingga bernilai ekonomis.

“Kami akan terus mendorong masyarakat, agar memunculkan inovasi baru seperti melalui salah satu program unggulan Bupati Tangerang KIPRAH (Kita Peduli Permasalahan Limbah dan Sampah),” ujar Ahmad Taufik, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Tangerang, Selasa (31/8/2021).

Program KIPRAH merupakan program untuk mengatasi permasalahan sampah dengan mengurangi volume sampah yang diangkut ke tempat pembuangan akhir dengan cara pegembangan TPST 3R, pembentukan Bank Sampah dan Revitalisasi TPA Jatiwaringin.

Program KIPRAH di antaranya yaitu : Program KURASAKI = “Kurangi Sampah Sekolah Kita” (Sejak Tahun 2016 sudah dilaksanakan di 116 Sekolah);  Program KURASAKAN = “Kurangi Sampah Kantor” (Sejak Januari 2019) melalui Surat Edaran Bupati Tangerang nomor 660.1/209-DLHK tanggal 8 Januari 2019.

Program Pembentukan Bank Sampah di Wilayah Desa/Kelurahan/Kecamatan dan Bank Sampah dan Program Revitaslisasi Tempat Pengolahan Akhir (TPA) Sampah Jatiwaringin Mauk.

“Kita juga ada program optimalisasi Tempat Pengelolaan Sampah (TPS) Reuse, Reduce, dan Recycle (3R) di 28 tempat yang tersebar di masing-masing kecamatan, ini berfungsi untuk kelompok masyarakat dapat mengolah dan mempilah sampah yang mana bernilai ekonomi,” ucapnya melalui keterangan tertulis.

(Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini