Beranda Sosial dan Budaya Warga Desa Guradog Lebak Gelar Tradisi Seren Taun

Warga Desa Guradog Lebak Gelar Tradisi Seren Taun

Acara Seren Taun Desa Guradog, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten Tahun 2021 - Foto istimewa

LEBAK – Wakil Bupati Lebak, Ade Sumardi menghadiri acara Seren Taun Desa Guradog, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten Tahun 2021, bertempat di Rumah Adat Kasepuhan Guradog, Minggu (7/11/2021)

Tradisi Seren Taun oleh masyarakat Guradog dilakukan setiap tahun saat musim panen raya. Ini dilakukan sebagai tradisi warga dalam mengungkapkan rasa syukur mereka kepada Allah SWT atas kelimpahan rezeki dari hasil pertanian pangan.

Meski dalam kondisi pandemi Covid-19, acara seren taun tetap dilakukan oleh warga dengan sederhana serta mematuhi protokol kesehatan.

Dalam sambutannya Ade Sumardi mengingatkan kepada warga pentingnya menjaga tradisi adat kasepuhan sebagai aset budaya yang harus dilestarikan dan juga mengingatkan untuk menjaga kerukunan antar warga selepas acara pemilihan desa kemarin di Kabupaten Lebak.

“Kolot marentahkeun ka urang jeung ieu tugas bagi urang kabehan, ceuk kolot anak putu aing nu didieu, nu dikidul kabeh kudu ngarahiji,” kata Wabup.

Sementara itu Ketua kesepuhan adat kampung Guradog saat ini H. Supriyadi atau biasa disapa Abah H. Ladut selaku Bapa Gede yang sebelumnya dipangku oleh Almarhum Abah Ono dalam sambutannya menjelaskan acara seren taun mengambil tema “Nyukcruk Galuh, Sabeungketan jeung Sauyunan) yang bermakna masyarakat harus rukun dan bersatu.

“Ngahiji jadi hiji, Nguatken bengketan (Bersatu satu ikatan yang kuat) kacai salewi, kadarat salebak, temenang paluhur-luhur tanggung (tidak boleh sombong dan angkuh)” ujar Abah Ladut.

Turut hadir dalam  Seren Tahun Kapolsek Curugbitung, Camat Curugbitung, para kepala desa Guradog Citorek dan para pemangku adat kasepuhan Guradog Citorek.

(Red)