Beranda Advertorial Warga Dapat Sosialisasi Ubah Sampah Organik Jadi Pupuk Cair

Warga Dapat Sosialisasi Ubah Sampah Organik Jadi Pupuk Cair

SERANG – Rangkaian ketiga gugus Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) Untirta yakni Literasi Lingkungan dilaksanakan pada Sabtu (12/08) sore di Posko KKM Tematik Kampung Taman Barang, Desa Sindangsari, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang.

Kegiatan ini dihadiri oleh Prof. Supriyanto selaku Ketua Pelaksana GNRM Untirta, Ria Sudiana selaku Sekretaris, Sebagai narasumber yakni Mahrawi yang juga merupakan dosen biologi FKIP Untirta, mahasiswa KKM Tematik yang ikut mempersiapkan acara serta para warga desa sindangsari yang inisiatif mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir.

Selain Literasi Digital yang sudah dijelaskan pada saat kegiatan perdana, Prof Supriyanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemanfaatan limbah rumah tangga juga penting diterapkan oleh warga desa Taman Barang. “Sampah dapur organik seperti sayuran, ataupun daun daun bisa kita manfaat jika diolah dengan benar,” ucap beliau.

Dengan mengolah limbah sampah organik diharapkan bisa mengurangi limbah sampah di desa Taman Barang dan terwujudnya kampung literasi yang bersih.

Kegiatan ini disambut baik oleh warga desa Taman Barang. Dalam sambutannya Sekretaris desa Taman Barang, Hasan menyampaikan terimakasihnya kepada pihak GNRM yang ikut membantu warga desa taman barang menjadi desa yang lebih maju.

“Hal ini juga tidak lepas dari kontribusi para warga yang ikut membantu perangkat desa serta turut mensukseskan program GNRM. Dengan adanya pelatihan ini menambah pengetahuan kami tentang pemanfaatan limbah dapur yang lebih baik,” ucapnya.

Acara berlangsung sukses dengan dipandu oleh Mahrawi beserta timnya dan diakhiri dengan penyerahan media tanam beserta peralatan lainnya yang bisa dimanfaatkan warga desa untuk mengolah sampah organik.

Tim GNRM Untirta merintis Kampung Literasi sebagai pengimplementasi Hibah Pemerintah yang dimandatkan oleh Kemenko PM-K kepada seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia bekerja sama dengan Forum Rektor Indonesia (FRI), dan salah satunya Untirta sebagai bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai aksi nyata pengabdian kepada masyarakat. Rangkaian acara selanjutnya akan dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2023 bertepatan dengan HUT RI ke 78. (Adv)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini