Beranda Ramadan Warga Cibeber Serentak Tadarus 30 Juz Alquran, Semalam 8 Kali Khatam

Warga Cibeber Serentak Tadarus 30 Juz Alquran, Semalam 8 Kali Khatam

Warga Lingkungan Cibeber, kecamatan Cibeber, Kota Cilegon, tadarus 30juz Alquran di Masjid At-Ta'awun. (IST)

CIBEBER – Ratusan warga Linkungan Cibeber, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon, Banten, mengikuti tadarus 30 Juz Alquran, di Masjid At-Ta’awun, Jumat (7/4/2023) malam.

Pembacaan Alquran bersamaan ini diikuti warga, mulai dari anak-anak, pemuda hingga orang tua. Pembacaan dimulai setelah salat tarawih hingga menjelang dini hari. “Tadarus ini ditutup acara sahur bersama dengan menu sate bebek dan rabeg. Semua dana hasil sumbangan dari masyarakat dan donatur,” ujar Ade Ubaidil, Ketua Risma At-ta’awun Cibeber.

Dalam kegiatan tadarus bersama yang berlangsung hingga jelang dini hari tersebut, warga bisa mengkhatamkan delapan kali 30juz Alquran. “Panitia bagiin Alquran mushaf yang per juz. Per orang dapat 1 juz. Total mushaf Alquran yang dibagikan ada 8 Alquran lebih. Nah itu dibaca bersamaan. Dengan kata lain dalam waktu bersamaan kita mengkhatamkan 8 Alquran,” ujarnya.

Dikatakan, tadarus ini merupakan acara tahunan saat bulan Ramadan, terutama menyambut peringatan Nuzulul Qur’an. “Tadarus 30 Juz ini agar masyarakat Cibeber tidak lupa dengan akarnya, dengan ajaran para kasepuhan dan tokoh agama di masa lampau. Kegiatan baca Alquran ini yang diwariskan sejak zaman dahulu. Makanya wajar ketika dulu Cibeber ini disebut Mekkah cintil (kecil-red) karena di Cibeber banyak pesantren dan alim ulama yang diakui secara luas bukan hanya di Banten,” ungkapnya. (Ink/red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini