Beranda Budaya Warga Baduy Akan Menggelar Seba Selama Tiga Hari

Warga Baduy Akan Menggelar Seba Selama Tiga Hari

Acara Seba Baduy di Pendopo Kabupaten Lebak

LEBAK – Masyarakat suku adat Baduy yang berada di Desa Kenekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak Banten, akan menggelar Seba Baduy. Seba akan berlangsung pada Jumat hingga Minggu 17-19 Mei 2024.

Dalam acara Seba Baduy tersebut, warga Baduy akan berkunjung ke Pemerintah Kabupaten Lebak di Rangkasbitung dan Pemerintah Provinsi Banten di Kota Serang dengan membawa hasil bumi yang dihasilkan oleh warga Baduy.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Lebak Imam Rismahayadin mengatakan jika prosesi Seba Baduy akan menarik banyak wisatawan, baik wisatawan Lebak maupun luar Lebak.

“Acara Seba Baduy akan dipusatkan di Alun-alun Rangkasbitung. Adapun target kunjungan wisatawan mencapai 40 ribu orang. Kita optimis bisa tercapai,” kata Imam saat dihubungi, Kamis (9/5/2024).

Ia mengungkapkan, Seba Baduy menjadi tradisi unik yang tidak ada di kabupaten/kota lain di Indonesia. Tradisi Seba sudah dilaksanakan sejak zaman Kesultanan Banten. Masyarakat adat harus menempuh jarak puluhan kilometer untuk bersilaturahmi dengan pemimpin pemerintahan.

“Ya, hampir setiap tahun tradisi yang unik ini selalu menarik wisatawan, karenanya kita siapkan berbagai kegiatan untuk menghibur wisatawan yang datang ke Lebak,” ucapnya. (San/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News