Beranda Nasional Wapres: Pemerintah Komitmen Dukung UMKM

Wapres: Pemerintah Komitmen Dukung UMKM

Foto istimewa

SERANG – Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin mengatakan pemerintah memiliki komitmen untuk terus melakukan pembangunan dan revitalisasi akses kepada para pedagang dari kalangan UMKM.

“Pasar Rakyat Pariaman memiliki jejak sejarah yang panjang sejak zaman Pemerintahan Hindia Belanda. Pasar ini juga mampu bertahan dari kerusakan akibat bencana gempa tahun 2009. Nilai historis ini yang merupakan modal revitalisasi pasar yang diselaraskan dengan aspek lingkungan dan nilai-nilai kearifan (lokal),” ujarnya melalui keterangan tertulis yang dikutip melalui media sosial resminya, Rabu (6/4/2021).

Revitalisasi ini tidak hanya melulu pembangunan fisik, namun juga meliputi revitalisasi manajemen, sosial, dan ekonomi. Pasar Rakyat Pariaman harus mampu menjadi pasar yang sehat, bersih, aman, dan tertata agar mampu bersaing dengan pasar-pasar lainnya.

Pemerintah daerah bersama pihak pengelola juga harus melakukan revitalisasi manajemennya dalam tata niaga dan pelayanan pasar ini. Inti semua aktivitas ini bermuara pada revitalisasi ekonomi untuk meningkatkan pendapatan para pedagang.

Revitalisasi budaya juga diperlukan untuk menciptakan lingkungan pasar yang berdampak positif serta dapat meningkatkan dinamika dan kehidupan sosial masyarakat.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini