Beranda Bisnis Wapres: Pemerintah Komitmen Bantu UMKM Terdampak Pandemi Covid-19

Wapres: Pemerintah Komitmen Bantu UMKM Terdampak Pandemi Covid-19

Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin - foto istimewa

SERANG – Wakil Presiden (Wapres) RI, KH Ma’ruf Amin menyatakan pemerintah terus berkomitmen membantu UMKM yang terdampak pandemi Covid-19 agar roda ekonomi berputar.

“Ini juga momentum memperbaiki data dan meningkatkan produktivitas UMKM melalui upaya korporasi. Saat ini pemerintah tengah meluncurkan stimulus berupa Bantuan Sosial (Bansos) Produktif. Hal ini saya tegaskan pada program Indonesia Bicara, Media Indonesia,” ujar Wapres dikutip dari media sosial resminya, Senin (12/10/2020).

Pemerintah juga memberikan bantuan lain kepada UMKM yang tidak masuk kriteria penerima Bansos Produktif. Seperti subsidi bunga bagi nasabah KUR sebesar 6% selama sembilan bulan dari April hingga Desember 2020, yang artinya tidak membayar bunga sama sekali.

Selain itu, terdapat program subsidi KUR super mikro yaitu program pembiayaan yang maksimum plafonnya Rp 10 juta dengan bunga sampai Desember 2020 adalah 0% dan 6% sesudahnya. Pekerja yang ter-PHK yang melakukan usaha produktif bisa memperoleh subsidi KUR super mikro. Begitu juga ibu rumah tangga yang melakukan usaha produktif.⁣

“Bagi kelompok miskin dan rentan miskin yang tidak memperoleh Bansos Produktif, dapat memperoleh Bansos lain yang nilainya sama dengan Bansos Produktif. Saya berharap stimulus ini bisa dimaksimalkan untuk menggerakkan dan membangkitkan kembali sektor ekonomi menengah ke bawah yang terdampak covid-19. Saya berharap keberhasilan upaya ini akan menjadi role model bagi negara lain,” imbuhnya.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini