Beranda Nasional Wapres: Pemerintah Berupaya Keras Cegah Krisis

Wapres: Pemerintah Berupaya Keras Cegah Krisis

Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin - foto istimewa

SERANG – Wakil Presiden (Wapres) RI, KH Ma’ruf Amin membuka The 9th World Zakat Forum Internasional Conference 2020 dengan tema Post Covid-19 Economy Recovery : The Role of World Zakat Forum.

Kata Wapres, Pemerintah Indonesia saat ini tengah berupaya keras untuk mencegah krisis di sektor riil agar tidak menjalar menjadi krisis di sektor finansial.

“Caranya melalui refocusing anggaran untuk mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), yang tidak hanya difokuskan pada kesehatan tetapi juga memberikan perlindungan sosial kepada mereka yang terdampak serta memberikan dukungan kepada dunia usaha, termasuk usaha mikro dan kecil. Upaya ini telah menunjukkan hasil dimana terjadi tanda-tanda pemulihan pada kuartal ke tiga tahun 2020,” ujarnya dikutip dari media sosial resminya, Rabu (2/12/2020).

“Sayamelihat bahwa forum ini dapat digunakan sebagai platform merumuskan solusi efektif untuk memberikan bantuan bagi mereka yang membutuhkan. Forum ini dapat terus mendorong pemanfaatan zakat sebagai instrumen mencegah kemiskinan dan ketimpangan,” imbuhnya.

Menurut Wapres, kita patut bersyukur ekonomi Islam yang berbasis syariah cenderung lebih memiliki kemampuan menyesuaikan dalam menghadapi berbagai krisis. Menurut laporan dari State of the Global Islamic Economy Report 2020/21, perlambatan ekonomi Islam Global tidak separah dibandingkan perlambatan pertumbuhan ekonomi dunia secara keseluruhan. Pertumbuhan ekonomi dunia pada masa pandemi covid-19 di tahun 2020 diperkirakan mengalami kontraksi 5,2%, sedangkan ekonomi Islam global hanya mengalami kontraksi 2,5%.

Forum Zakat Dunia sangat berperan untuk turut memperkuat ekonomi Islam. Terutama dalam mendorong pemanfaatan sumber-sumber pembiayan alternatif untuk membantu memberikan modal kerja bagi pelaku usaha yang siap melakukan pemulihan paska pandemi covid-19. Dengan demikian, ekonomi Islam dapat menjadi lokomotif dalam membantu pemulihan ekonomi global.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News