Beranda Nasional Wapres: Pemerintah Apresiasi Respons Cepat MUI Keluarkan Fatwa Vaksin Covid-19

Wapres: Pemerintah Apresiasi Respons Cepat MUI Keluarkan Fatwa Vaksin Covid-19

Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin - foto istimewa

SERANG – Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin menyatakan pihaknya atas nama pemerintah menyampaikan terima kasih atas respons cepat Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang selama ini memang telah mengeluarkan fatwa-fatwa untuk mendukung penanganan Covid-19.

“Mulai dari penanganan ibadah, cara ibadah, dampai pengurusan jenazah yang terkena covid-19. Dan, baru saja menyatakan MUI mengeluarkan fatwa bahwa vaksin Sinovac itu suci dan halal,” ujar KH Ma’ruf Amin melalui media sosialnya, Sabtu (9/1/2021).

Saat menerima Komisi Fatwa MUI melalui video conference, pihaknya menegaskan bahwa meskipun telah mendapatkan fatwa halal dari MUI, kebolehan penggunaan vaksin Sinovac masih tergantung izin penggunaan darurat (Emergency Use Authorization) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).





“Saya berharap proses vaksinasi covid-19 dapat berjalan dengan baik dan lancar karena akan menjadi faktor penentu keberhasilan penanganan pandemi covid-19 dan segala dampaknya. Baik dari sisi kesehatan, ekonomi, dan sosial,”

“Saya juga mengingatkan selain proses vaksinasi, penerapan protokol kesehatan juga harus tetap dijalankan dengan disiplin,” katanya.

(Red/SG)