Beranda Nasional Wapres: Pegang Teguh Sila Ketiga, Persatuan Indonesia

Wapres: Pegang Teguh Sila Ketiga, Persatuan Indonesia

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin - foto istimewa

SERANG – Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin menyampaikan bahwa pentingnya untuk terus memegang teguh Pancasila khususnya Sila Ketiga yakni Persatuan Indonesia. Menurutnya, hal ini harus dikawal sebagai bagian dari tanggung jawab nasional.

“Perbedaan-perbedaan di antara organisasi-organisasi massa (ormas) Islam yang menjadi pendukung utama dari MUI tidak boleh sampai menimbulkan konflik,” ujarnya Saat menghadiri pembukaan Mukernas I MUI secara virtual.

Perbedaan-perbedaan, seperti juga di lingkungan intern MUI, perbedaan di tingkat nasional kenegaraan, jangan sampai menimbulkan terjadinya keretakan yang akan membawa kehancuran.

“Perbedaan-perbedaan yang ada di ormas sebenarnya bukan sesuatu yang harus menjadi ketidaksatuan. Perbedaan ijtihad sudah terjadi sejak zaman sahabat. Namun, perbedaan tersebut tidak menghilangkan kesatuan umat karena adanya tujuan suci yang sama,” ujarnya dikutip melalui media sosial resminya, Sabtu (28/8/2021).

Dikatakan, para assabiqunal awwalun (orang-orang yang pertama masuk Islam) sekali pun berbeda, tidak pernah kehilangan keutuhan dan kesatuannya.

“Diibaratkan mereka bisa bersatu karena tujuan murni yang suci. Itulah yang menyatukan mereka, walaupun mereka berbeda-beda cara berpikir dan ijtihad-nya di dalam mencapai sesuatu yang menurut mereka baik,” ucapnya.

(Red)