Beranda Kesehatan Wapres : Masyarakat Tak Perlu Panik Terkait Virus Corona, Tapi Tetap Waspada

Wapres : Masyarakat Tak Perlu Panik Terkait Virus Corona, Tapi Tetap Waspada

KH Ma'ruf Amin didampingi Abuya Muhtadi saat menjawab pertanyaan wartawan di Ponpes Raudlatul Ulum Cidahu Pandeglang. (Memed/bantennews)

 

SERANG – Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin mengimbau masyarakat tidak perlu panik dengan adanya kasus virus Corona COVID-19 di Indonesia. Namun, begitu, kata dia, kita tetap harus waspada dan hati-hati.

Wapres mengungkapkan pemerintah telah menyiapkan tiga langkah antisipasi terhadap virus Corona.

Pertama, pemerintah memperketat masuknya warga negara asing (WNA) maupun warga negara Indonesia (WNI) yang keluar masuk wilayah Indonesia, baik melalui darat, udara, dan laut. Hal itu dilakukan dengan pengawasan ketat melalui pemeriksaan di pintu masuk Indonesia.

Pemerintah juga akan mengusulkan penerapan sertifikat bebas virus Corona yang dikeluarkan oleh negara WNA berasal, yang akan melakukan perjalanan ke Indonesia. Termasuk juga, meneliti rekam jejak perjalanan, dari mana dan ke mana saja. Untuk memastikan benar-benar tidak berpotensi terhadap virus Corona.

“Selanjutnya, pemerintah sudah menyiapkan antisipasi penanganan kasus virus Corona, terdapat 135 rumah sakit yang sudah dilengkapi dengan kamar isolasi sesuai standar protokol WHO,” ujarnya melalui siaran tertulis, Sabtu (7/3/2020).

Saat ini, lanjutnya, pemerintah juga telah menyiapkan penyediaan kebutuhan pokok, obat-obatan, dan keperluan masyarakat.

“Sehingga, masyarakat tidak perlu panik, karena pemerintah sudah mengantisipasi kemungkinan terjadinya kebutuhan-kebutuhan jangka panjang,” imbuhnya.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ