Beranda Nasional Wapres: Kerukunan Antarumat Beragama Penting dan Harus Terus Dijaga

Wapres: Kerukunan Antarumat Beragama Penting dan Harus Terus Dijaga

Pekan Kerukunan Internasional dan Konferensi Ke-6 FKUB Se-Indonesia Tahun 2021 - foto istimewa

SERANG – Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin mengatakan masyarakat Indonesia merupakan masyarakat majemuk yang memiliki beragam agama, suku, adat, dan budaya. Kehadiran Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dengan segala aktivitasnya untuk memperkuat toleransi dan kerukunan antarumat beragama di Indonesia diharapkan menjadi inspirasi kerukunan umat beragama dunia.

Pekan Kerukunan Internasional dan Konferensi Ke-6 FKUB Se-Indonesia Tahun 2021 yang digelar di Hotel Sutan Raja, Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara merupakan kegiatan yang diharapkan dapat semakin memperkuat toleransi dan kerukunan antarumat beragama di Indonesia dan menginspirasi kerukunan umat beragama di dunia.

“Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang beragama, sehingga kerukunan antarumat beragama sangat penting untuk dijaga karena merupakan unsur utama bagi terciptanya kerukunan nasional. Kerukunan umat beragama tidak datang dengan sendirinya, tetapi harus senantiasa kita jaga dan pelihara,” ujar Wapres dikutip dari media sosial resminya, Minggu (21/11/2021).

Oleh karena itu, kata dia, majelis-majelis agama bersama pemerintah membentuk FKUB yang tugas utamanya adalah melakukan berbagai upaya dalam menjaga kerukunan antarumat beragama. Baik dalam bentuk dialog maupun mediasi untuk mencegah terjadinya konflik atau menyelesaikan perselisihan.

“Saya memberikan apresiasi atas peran dan kontribusi FKUB sebagai media yang sangat efektif dalam membangun kerukunan sekaligus menyelesaikan perselisihan atau konflik berlatar belakang agama,” imbuhnya.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini