Beranda Nasional Wapres: Inovasi Berkontribusi Besar Pada Pembangunan Negara

Wapres: Inovasi Berkontribusi Besar Pada Pembangunan Negara

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin - foto istimewa

SERANG – Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin menyatakan bahwa dalam acara Dies Natalis Universitas Diponegoro (UNDIP) ke-63 melalui konferensi video menyampaikan bahwa inovasi berkontribusi besar terhadap pembangunan sebuah negara.

Laporan Global Inovation Index (GII) 2020 menyebutkan negara-negara dengan inovasi yang tinggi cenderung memiliki Produk Domestik Bruto (PDB) perkapita lebih tinggi. ⁣

“Indonesia menduduki posisi ke-85 dari 131 negara dalam hal inovasi. Pada tahun sebelumnya, Indonesia berada pada peringkat ke-8 di antara negara-negara ASEAN. Sebagai upaya meningkatkan posisi ini diperlukan strategi riset yang memadai. Diantaranya dengan peningkatan alokasi anggaran untuk riset dan sumber daya pelaku riset yang andal,” ujarnya dikutip dari media sosial resminya, Senin (19/10/2020).

Perguruan tinggi termasuk UNDIP, perlu mengambil peran dalam mencetak peneliti yang mampu melakukan riset dan menciptakan inovasi sehingga dapat memenangkan persaingan global saat ini.

“Inovasi jauh lebih bernilai dibandingkan dengan sumber daya alam. Sumber daya alam dapat habis, tetapi inovasi tidak terbatas,” katanya.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini