Beranda Bisnis Wapres: Ekonomi dan Keuangan Syariah Harus Terus Didorong

Wapres: Ekonomi dan Keuangan Syariah Harus Terus Didorong

Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin - foto istimewa

SERANG – Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin membuka Munas ke-V Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) secara virtual. Saat ini, Indonesia memiliki potensi yang besar untuk mengembangkan peran ekonomi dan keuangan syariah.

Di tengah pandemi, ekonomi dan keuangan syariah harus terus didorong untuk lebih dapat memainkan peran dalam perekonomian dan pemulihan ekonomi Indonesia.

“Ekonomi syariah sebagai iqtishodiyah ishlahiyah (ekonomi perbaikan) dan Islam sebagai dinul ishlah (agama perbaikan) harus bisa menjadi trigger (pemicu) bagi penguatan dan pemulihan ekonomi nasional,” ujarnya dikutip dari media sosial resminya, Sabtu (23/1/2021).





Pemerintah telah berkomitmen untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah dengan diterbitkan Perpres nomor 28 Tahun 2020 tentang Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS).

Melalui KNEKS, pemerintah melakukan upaya percepatan dan perluasan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia. Program-program KNEKS diarahkan pada 4 fokus utama yakni pengembangan industri produk halal, industri keuangan syariah, dana sosial syariah dan kegiatan usaha syariah.

Saat ini berbagai program pengembangan ekonomi dan keuangan syariah terus didorong untuk diimplementasikan secara terintegrasi melalui sinergi dan kerjasama dengan berbagai pemangku kepentingan baik Kementerian/Lembaga anggota KNEKS maupun institusi lainnya.

(Red)