Beranda Kesehatan Walikota Tangsel Bagikan Kartu Indonesia Sehat

Walikota Tangsel Bagikan Kartu Indonesia Sehat

Walikota Tangsel Airin Rachmy Diany membagikan Kartu Indonesia Sehat (KIS). (Ihya/bantennews)

 

TANGSEL — Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmy Diany membagikan Kartu Indonesia Sehat (KIS) untuk membantu pengobatan warga Tangsel yang kurang mampu, pada Jumat (12/4/2019) di Smart Village, Jalan Menjangan, Kelurahan Pondok Ranji, Kecamatan Ciputat Timur.

Airin memaparkan, program Kartu Indonesia Sehat tersebut sasaran utamanya untuk Kesehatan Masyarakat (Kesmas) yang tidak mampu. Menurutnya jika masyarakat membawa KIS pada saat berobat di RSUD atau Puskesmas tidak akan dipungut biaya alias gratis.

Airin menambahkan, KIS tersebut merupakan program lanjutan yang akan terus diupayakan untuk membantu pengobatan warga kurang mampu di Tangsel. Selain itu KIS pun bisa digunakan di Rumah Sakit swasta.

“Program ini akan terus berlanjut, mengingat masih ada masyarakat yang belum mendapatkan KIS. Nah, KIS ini nantinya bisa digunakan di berbagai RS swasta di Tangsel, tidak hanya di Puskesmas dan RSUD Tangsel,” ungkapnya.

Sementara itu Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Tangsel, Deden Deni menuturkan, untuk pengguna KIS di Tangsel saat ini mencapai 470.363 jiwa.

“Sementara yang sudah tercetak baru mencapai 300 ribuan kartu. Di Ciputat Timur ada 58.530 pengguna KIS, sedangkan yang sudah tercetak ada 48.960 kartu. Namun untuk Kecamatan Serpong Utara pendistribusiannya belum sampai,” bebernya.

Deden berharap, bagi masyarakat Tangsel yang kondisinya sedang sakit dan butuh berobat serta keadaan ekonomi yang kurang mampu agar dapat memanfaat KIS.

“Semoga masyarakat yang kurang mampu ini dapat terbantukan jika memang sedang membutuhkan pengobatan di Puskesmas maupun RS di Tangsel,” pungkasnya. (Tra/Ihy/red).