Beranda Pemerintahan Walikota Serang Minta TPID Tekan Inflasi Jelang Ramadan

Walikota Serang Minta TPID Tekan Inflasi Jelang Ramadan

SERANG – Sekretariat Kota Serang menggelar High Level Meeting (HLM) dengan tema pengendalian dan penanganan dampak inflasi di Kota Serang jelang Ramadan 2023 di salah satu rumah makan di Kota Serang, Kamis (9/3/2023). Rapat dipimpin oleh Walikota Serang, Syafrudin dihadiri Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Serang.

“Kota Serang ini kecil, tapi inflasinya tinggi. Salah satu penyumbang inflasi terbesar adalah kulit tangkil. TPID (Satuan Tugas Pengendalian Inflasi) harus menstabilkan inflasi di Kota Serang. Kita perlu memastikan harga bahan pokok aman dan stabil selama Ramadhan 2023. Saya berharap Bank Indonesia juga dapat membantu pengendalian inflasi di Kota Serang,” kata Syafrudin.

Pada tahun 2022, Kota Serang memiliki tingkat inflasi tertinggi di Banten yang mencapai 7,22 persen. Alhasil, dibentuklah gugus tugas untuk memantau dan mengendalikan inflasi di Kota Serang yang dipimpin oleh Sekretaris Kota Serang.

Tim bertanggung jawab untuk memantau kenaikan harga di pasar dan mengambil tindakan yang tepat untuk mencegah inflasi tidak terkendali. Syafrudin mengatakan pertemuan ini difokuskan untuk mengantisipasi peningkatan permintaan sembako jelang Ramadan 2023. Dan memastikan kecukupan stok tetap terjaga.

“Kami sudah menerapkan langkah-langkah yang direkomendasikan oleh pemerintah pusat, seperti operasi untuk mengatur harga pasar, pemantauan harga bahan pokok, dan inisiatif untuk mendorong pertanian lokal,” ujarnya.

Namun, masih ada sektor yang mengalami inflasi tinggi seperti transportasi dan rokok, serta barang kebutuhan pokok seperti sayur dan kulit tangkil. Untuk itu Pemkot Serang berupaya memastikan kebutuhan masyarakat terpenuhi, termasuk menekan pemasok untuk menyediakan stok yang memadai.

Syafrudin menekankan pentingnya pengendalian laju inflasi agar masyarakat dapat merayakan Ramadan tanpa mengkhawatirkan harga bahan pokok. Pihaknya akan terus bekerja sama dengan pemangku kepentingan terkait untuk menjaga kestabilan harga dan memastikan masyarakat memiliki akses terhadap kebutuhan pokok yang terjangkau.

(Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini