Beranda Pariwisata Walikota Serang Minta Kang Nong Bisa Bebasan

Walikota Serang Minta Kang Nong Bisa Bebasan

Walikota Serang Syafrudin.

SERANG – Walikota Serang, Syafrudin meminta peserta Kang Nong Kota Serang 2021 proaktif dalam mempraktikkan bahasa bebasan bahasa Jawa Serang.

Menurutnya, penggunaan berbahasa bebasan menjadi tuntutan bagi Kang Nong. Kang Nong merupakan duta kebudayaan, duta pariwisata, dan duta pembangunan Kota Serang.

“Ya Kang Nong itu dituntut untuk bisa melestarikan dan mengembangkan apa yang ada di Kota Serang ini, termasuk bebasan, karena bebasan bagian dari budaya Kota Serang,” ujarnya, Jumat (25/6/2021).

Selain soal bebasan, Kang Nong pun dituntut harus mampu memahami kebudayaan dan kesenian lainnya, seperti sate bandeng, wisata religi, dan perguruan pencak silat. Sehingga nanti mampu mengantarkan tamu wisatawan luar ke tempat-tempat wisata religi, kuliner, dan lain sebagainya. “Artinya kemampuan itu diperlukan untuk Kang Nong,” ucapnya.

Kepala Disparpora Kota Serang, Yoyo Wicahyono mengakui bahwa anak-anak binaannya masih belum menguasai bebasan. Pihaknya berjanji akan melakukan evaluasi agar ke depan Kang Nong mampu bebasan dengan fasih.

“Ya itu menjadi catatan buat kami, karena masih menggunakan bahasa pasaran, belum bebasan. Kita memang standarnya belum ada. Nanti mudah-mudahan kalau sudah literasinya lengkap dan dibakukan nanti kita bisa sampaikan,” ujarnya.

Ia juga mengakui bahwa persoalan penggunaan bebasan ini menjadi pekerjaan rumah (PR) Disparpora Kota Serang untuk para duta kebudayaan dan pariwisata Kota Serang.

“Ya setiap tahun terulang terus karena memang harus kita akui memang jarang dipergunakan bahasa itu. Kemudian literaturnya juga tidak jelas. Kalau ada literaturnya, ada grammarnya, bahasa Inggrisnya sebagainya bisa kita sampaikan. Itu memang kurang dipergunakan sehari-hari,” ucapnya.

(Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini