Beranda Pemerintahan Walikota Serang Instruksikan OPD Percepat Pembangunan Infrastruktur

Walikota Serang Instruksikan OPD Percepat Pembangunan Infrastruktur

205
0
Walikota Serang Syafrudin. (Ade/bantennews)

SERANG – Walikota Serang Syafrudin menginstruksikan kepada organisasi perangkat daerah (OPD) terkait agar mempercepat pembangunan infrastruktur penunjang di Lingkungan Jagarayu, Kelurahan Gelam, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang. Hal ini menyusul karena Lingkungan Jagarayu akan mewakili Provinsi Banten untuk tampil pada perlombaan Kampung Keluarga Berencana (KB) tingkat nasional tahun 2020.

Sekadar diketahui, Lingkungan Jagarayu menjadi juara satu pada ajang perlombaan Kampung KB tingkat Provinsi Banten 2019. Prestasi cemerlang tersebut menjadi sejarah bagi Kota Serang di bawah kepemimpinan Walikota Syafrudin-Wakil Walikota Subadri Ushuludin. Pasalnya pada tahun sebelumnya di era pemerintahan Aje Kendor, Kota Serang meraih peringkat tiga besar.

Tak heran, Walikota Serang Syafrudin mengaku sangat serius dalam menghadapi perlombaan Kampung KB tingkat nasional itu. Ia meminta kekurangan sekitar 14 poin infrastruktur penunjang itu harus segera dilengkapi oleh OPD terkait di Lingkungan Jagarayu.

“Infrastruktur penunjang itu mulai dari pemeliharaan jalan, penataan pekarangan rumah, pemanfaatan lahan kosong untuk olahraga, penataan taman di jalan, dan penyediaan tempat sampah. Jumlahnya ada 14 poin itu yang harus kita lengkapi,” ujarnya, Rabu (15/1/2020).

Ia menjelaskan infrastruktur penunjang seperti jalan hanya tersisa sedikit lagi terutama jalan lingkungan yang menjadi kewenangan DPRKP, dan jalan poros yang menjadi kewenangan DPUPR.

“Untuk infrstruktur penunjang jalan tinggal sedikit lagi. Terutama jalan lingkungan yang menjadi tanggungjawab Perkim. Kemudian juga jalan poros itu DPUPR, hanya perawatan dan pemeliharaan, jadi tidak terlalu berat,” ucapnya.

Syafrudin mematok target kelengkapan infrastruktur penunjang tersebut dapat rampung pada bulan depan. Sehingga pada saat penilaian Kampung KB yang diagendakan pada Februari atau Maret, Lingkungan Jagarayu mendapatkan prestasi terbaik.

“Targetnya dalam bulan Februari harus selesai, karena yang 14 poin itu bagian dari persyaratan yang harus dilengkapi, agar Lingkungan Jagarayu mendapat penilaian terbaik,” ucapnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Serang, Ade Jumaiyah Syafrudin, mengapresiasi Pemkot Serang yang sangat mendukung program kampung KB, terutama untuk bersaing di tingkat nasional.

“Alhamdulillah pak Walikota sangat mendukung program ini. Beliau sangat antusias dan memberikan banyak masukan kepada kami dan menginstruksikan OPD terkait untuk membantu,” ujarnya.

Ade Jumaiyah menegaskan baik pihak pemerintah, PKK, maupun masyarakat memiliki andil yang besar dalam mempersiapkan diri menghadapi perlombaan tersebut.

“Yang disiapkan banyak sekali. Sesuai dengan petunjuk teknis. Jadi yang sudah ada itu kami pertahankan, kami optimalkan lagi. Seperti pola hidup bersih sehat, lalu taman bacanya dan lain lagi,” ujarnya. (Dhe/Red)