Beranda Pemerintahan Walikota Instruksikan OPD Segera Bereskan Pengisian Tangerang Satu Data

Walikota Instruksikan OPD Segera Bereskan Pengisian Tangerang Satu Data

Walikota Tangerang Arief R Wismansyah

TANGERANG – Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah membuka kegiatan Sosialisasi Metadata Statistik Sektoral secara daring yang dipesertai oleh Sekretaris dan Perencanaan dari 41 OPD se-Kota Tangerang, Jumat (26/8/2022).

Metadata merupakan bentuk data pokok yang memberikan informasi atau mendeskripsikan data lainnya.

Dalam arahannya Wali Kota meminta seluruh OPD untuk melakukan penginputan data dengan baik dan maksimal guna mendukung terselenggaranya program Satu Data Indonesia sesuai dengan Peraturan Presiden.

“Untuk para OPD yang penginputan datanya baru 20% saya minta agar segera dilaksanakan. Kepala OPD agar selalu memantau khususnya untuk kepentingan Tangerang Satu Data, harus segera selesai,” tutur Arief dalam keterangannya.

Lebih lanjut Arief menerangkan bahwa kebutuhan masyarakat akan data dan informasi yang disampaikan pemerintah saat ini semakin meningkat, kondisi ini merupakan tantangan yang harus dijawab dengan kualitas data yang disajikan oleh Pemerintah Daerah.

“Untuk itu diperlukan tata kelola data yang baik, data yang menggambarkan kondisi atau keadaan yang sebenarnya,”

Walikota menambahkan, metadata menjadi salah satu unsur penting sehingga data yang disajikan dapat dipahami dengan utuh dan dipergunakan sesuai dengan peruntukannya.

“Update pengisian data di Tangerang Satu Data harus dilaporkan secara berkala agar bisa dievaluasi,” pungkas Arief.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini