Beranda Peristiwa Waktu Sahur Gunung Anak Krakatau 3 Kali Erupsi, Warga Dilarang Mendekat

Waktu Sahur Gunung Anak Krakatau 3 Kali Erupsi, Warga Dilarang Mendekat

Gunung Anak Krakatau Erupsi - foto istimewa

SERANG – Gunung Anak Krakatau mengalami beberapa kali erupsi pada Jumat (22/04/2022). Menurut data Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Erupsi Gunung Anak Krakatau pertama terjadi pada pukul 00:49 WIB dengan tinggi kolom abu teramati kurang lebih 500 meter di atas puncak atau kurang lebih 657 meter di atas permukaan laut.

“Kolom abu teramati berwarna hitam dengan intensitas tebal ke arah barat daya. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 37 mm dan durasi 79 detik,” dalam keterangannya.

Kemudian erupsi Gunung Anak Krakatau tejadi kembali pada pukul 02:37 WIB dengan tinggi kolom abu teramati kurang lebih 1.500 meter di atas puncak atau kurang lebih 1.657 meter di atas permukaan laut.

Kolom abu teramati berwarna hitam dengan intensitas tebal ke arah barat daya. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 60 mm dan durasi 45 detik.

Lalu erupsi Gunung Anak Krakatau terjadi lagi pada pukul 01:45 WIB dengan tinggi kolom abu teramati kurang lebih 600 meter di atas puncak atau kurang lebih 757 metee di atas permukaan laut.

Kolom abu teramati berwarna hitam dengan intensitas tebal ke arah barat daya. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 30 mm dan durasi 48 detik.

Rekomendasi masyarakat atau wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam radius 2 km dari kawah.

(Man/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini