Beranda Pendidikan Wakil Presiden Hadiri Wisuda Mahasiswa UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten

Wakil Presiden Hadiri Wisuda Mahasiswa UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten

Wakil Presiden (Wapres) RI, KH Ma'ruf Amin menghadiri Wisuda mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanudin Banten (SMHB) - foto istimewa

CILEGON – Wakil Presiden (Wapres) RI, KH Ma’ruf Amin menghadiri Wisuda mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanudin Banten (SMHB) di The Royale Krakatau Hotel, Kota Cilegon, Sabtu (14/12/2019). Hadir dalam wisuda tersebut Gubernur Banten, Wahidin Halim.

Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin menyampaikan orasi ilmiah dengan tema “Arus Baru Ekonomi di Indonesia Perspektif Syariah” di hadapan 840 wisudawan sarjana dan 90 wisudawan magister dari UIN SMH Banten.

Wakil Presiden juga menandatangani prasasti Peresmian UIN SMH Banten yang sebelumnya bernama IAIN SMH Banten. Perubahan bentuk IAIN SMH menjadi UIN SMH ini tertuang pada Perpres Nomor 39 Tahun 2017 tentang Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Sementara itu, Gubernur Banten, Wahidin Halim menyatakan saat ini Banten terus membangun pemerintahan yang bersih dengan semangat anti korupsi.

Dan upaya tersebut selalu dihargai oleh Pemerintah Pusat dengan berbagai penghargaan yang diberikan langsung Bapak Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin..

Gubernur WH mengaku di akhir tahun ini sudah empat kali dihubungi istana yang ternyata mendapat penghargaan dari Pemerintah Pusat.

“Penghargaan terakhir, Banten dapat penghargaan tiga besar sebagai provinsi keluar dari zona merah korupsi. Jadi dari urutan terburuk sekarang sudah menjadi urutan terbaik. Ini karena apa? Doanya para kyai dan ulama, doanya para tokoh,” ujar WH panggilan akrabnya melalui siaran tertulis.

Di hadapan Wapres, Senat dan ribuan Wisudawan UIN SMHB, WH menjelaskan, pada tahun 2020 nanti Pemprov Banten akan melanjutkan penataan dan revitalisasi Situs Kawasan Kesultanan Banten.

Selain itu, akan melakukan penataan kawasan wisata religi lainnya seperti Caringin dan Cikadueun Pandeglang dengan anggaran Rp 30 miliar.

“Sekarang saya sudah membangun Banten Lama untuk pembangunan tahap pertama dan akan kita lanjutkan. Tahun ini kita membangun Gedung Islamic Center empat lantai dan di bawahnya dibangun aula. nanti ke depan tidak perlu sewa lagi. Gratis nanti di gedung yang akan saya bangun,” jelasnya.

“Saya ingin mengatakan kepada masyarakat Indonesia bahwa Banten punya ikon. Banten sebagai pusat peradaban islam,” tegas Gubernur WH.

Kepada civitas akademika UIN SMHB, Gubernur WH mengaku akan membantu pembangunan Perguruan Tinggi Islam Negeri di Banten itu agar lebih maju dan berkembang.

“Kita siap membantu UIN, nanti saya anggarkan. Yang penting kirim proposalnya. Dan saya siapkan 2000 beasiswa untuk para mahasiswa. Untirta juga kita bantu Rp 100 miliar. Anggaran kita mencapai Rp 13,7 triliun nomor lima se-Indonesia. Jadi kalau bantu UIN setengah triliun masih sanggup. Insyaallah,” tegasnya.

“Saya merasa senang didoakan oleh para ulama dan para rektor maupun guru besar,” tambah Gubernur WH.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini