Beranda Pendidikan Wagub: Untirta Diharapkan Jadi Perguruan Tinggi Berkelas Dunia

Wagub: Untirta Diharapkan Jadi Perguruan Tinggi Berkelas Dunia

Presiden Joko Widodo saat berada di Kampus Untirta - foto

SERANG – Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy menyambut kehadiran Presiden RI, Joko Widodo di kampus baru Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Sindangsari, Kabupaten Serang, Kamis (4/3/2021). Ditemani Rektor Untirta Fatah Sulaiman, Andika menyambut Jokowi di pelataran gedung rektorat Untirta di mana keseluruhan gedung baru kampus tersebut akan diresmikan penggunaanya.

Andika tampak mengenakan seragam dinas harian kepala daerah berwarna coklat didampingi Fatah yang mengenakan kemeja batik, menyalami Jokowi yang baru turun dari mobi kepresidenan RI 1. Andika dan Fatah menyalami presiden dengan menggunakan protokol kesehatan lengkap, yaitu mengenakan sarung tangan karet, plus masker dan face shield. Jokowi yang mengenakan kemeja putih tampak menangkupkan telapak tangan di dada saat menerima salam dari Andika dan Fatah.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan, keberadaan gedung kampus yang megah harus menjadi semangat baru untuk memajukan pendidikan tinggi di Provinsi Banten khususnya. Untirta diminta Jokowi, untuk dapat menyiapkan SDM unggul dalam bagian dari upaya Indonesia memenangkan persaingan global yang makin sengit.

“Saya lihat tadi dari depan begitu megah. Mudah-mudahan ini bisa jadi spirit kita semua dalam upaya memajukan dunia pendidikan tinggi di Provinsi Banten,” kata Jokowi.

Dikatakan Jokowi, Untirta mewarisi nilai-nilai keteladan tokoh pahlawan asal Banten yakni Sultan Ageng tirtayasa dan Syeh Nawawi Albantani. Menurutnya, nilai-nilai keteladanan keduanya merupakan simbol kolaburasi antara ulama dan umaro sebagaimana karakter masyarakat dan daerah Banten.

“Nilai-nilai keteladanan ini harus benar-benar diimplementasikaan perguruan tinggi sebagai garda terdepan ilmu pengetahuan dalam tujuan untuk memajukan masyarakat dan daerah,” imbuhnya seraya meminta agar Untirta dapat menjadi perguuran tinggi berkelas dunia yang bisa menjadi kebanggaan Banten dan Indonesia.

Lebih jauh Jokowi juga mengapresiasi pembangunan kampus baru Untirta yang menerapkan konsep smart and green di mana mengalokasikan 30 persen lahan untuk area hijau, memanfaatkan penerangan ruangan secara alamiah dari sinar matahari serta membatasi aksen kendaraan bermotor di area kampus.

Jokowi juga berpesan agar Untirta sebagai perguruan tinggi tidak menjadi menara gading yang jauh dari masyarakat, melainkan sebaliknya harus menjadi menara air yang mengalirkan air tiada henti dan secara merata kepada semua lapisan masyarakat. “Kuncinya terbuka berkolaburasi untuk melakukan penelitian-penelitian bagi kepentingan masyarakat banyak,” kata Jokowi.

Usai acara, Andika kepada pers mengatakan, mewakili masyarakat Banten, dirinya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada pemerintah pusat di bawah kepemimpinan Jokowi telah membantu mewujudkan cita-cita masyarakat Banten untuk memiliki perguruan tinggi berkelas dunia.

“Tadi kan dikatakan Pak Presiden mudah-mudahan dengan kemegahan kampus baru ini, ini bisa jadi spirit dalam upaya menjadikan Untirta menjadi perguruan tinggi berkelas dunia,” kata Andika.

Senada dengan Jokowi, Andika juga berharap dengan keberadaan kampus baru tersebut, Untirta dapat berperan lebih banyak lagi dalam membantu pemerintah daerah dalam melayani kesejahteraan masyarakat Banten dan memajukan daerah.

“Kemajuan sebuah masyarakat adalah pendidikan, dan di pundak Untirta sebagai perguruan tinggi, masyarakat Banten menyampirkan harapan terkait kemajuan daerahnya,” kata Andika.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini