Beranda Kesehatan Waduh! 4 Bidan Puskesmas di Tangerang Positif Covid-19

Waduh! 4 Bidan Puskesmas di Tangerang Positif Covid-19

Ilustrasi - foto istimewa CNN Indonesia

KAB TANGERANG – 4 orang bidan yang bertugas di Puskesmas Desa Sukadiri, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, terkonfirmasi positif Covid-19.

Juru Bicara Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang, Hendra Tarmizi membenarkan informasi tersebut. Mulanya, informasi tersebut terungkap, setelah para tenaga kesehatan itu menjalani tes swab beberapa hari yang lalu. Kata dia, keempat bidan tersebut terkonfirmasi positif virus Corona dengan status Orang Tanpa Gelaja (OTG).

“Iyah betul. Ada empat orang bidan di Puskesmas Sukadiri yang positif Covid-19 dan berstatus OTG,” kata Hendra kepada wartawan, Selasa (1/9/2020).

Hendra menjelaskan, penularan virus Corona terhadap keempat bidan ini awalnya hanya terjadi terhadap satu orang. Setelah dilakukan tes swab kepada sekitar 30 orang staf dan tenaga medis Puskesmas Sukadiri, keempatnya dinyatakan positif Covid-19.

“Awalnya hanya ada satu yang positif karena, dia kemungkinan tertular dari keluarganya. Kemudian kita lakukan tes lagi, hasilnya 4 bidan ini positif,” ujarnya.

Pria yang menjabat Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang ini menjelaskan, keempat pegawai tersebut sudah menjalani isolasi mandiri di kediamannya.

Selain itu, tim gugus tugas juga masih melakukan tracking terkait adanya orang lain yang melakukan kontak secara langsung dengan keempat bidan tersebut.

“Mereka sudah isolasi mandiri di rumah selama delapan hari dari anjuran 14 hari berdasarkan protokol kesehatan. Kalau untuk kemungkinan kontak dengan orang lain, ini sedang kami cek kembali,” tuturnya.

Untuk memutus penularan Covid-19, pelayanan operasional di Puskesmas Sukadiri, Kecamatan Mauk juga sudah ditutup selama tiga hari dari tanggal 27-29 Agustus 2020.

“Iyah, sesuai protokol kesehatan layanan di puskesmas sempat diliburkan dari hari Kamis sampai Sabtu. Tapi, hari Senin kemarin sudah beroperasi lagi,” tandasnya.

(Ren/Red)